Laptop, PC, Review, Tekno & Gadget

[REVIEW] WD_BLACK SN850X, NVMe SSD PCIe Gen 4.0 Ngebut Layak Jadi Pilihan Gamer

Saat ini Western Digital telah menjadi salah satu produsen solusi penyimpanan terbaik yang dapat menjadi pilihan para pengguna PC atau laptop gaming. Pasalnya, sejumlah produk yang dirilis benar-benar menawarkan suatu yang begitu bermanfaat dan menjawab semua kebutuhan yang serba cepat. Nah di tahun 2022 ini, Western Digital kembali menghadirkan produk terbaru mereka, yakni WD_BLACK SN850X NVMe SSD.

Kehadiran WD_BLACK SN850X NVMe SSD menjawab tuntutan para gamer saat ini yang membutuhkan serba cepat, mulai dari loading game yang singkat, transfer data yang cepat, hingga kapasitas besar yang bisa menyimpan banyak game kesayangan. 

WD_Black SN850X

Kebetulan Western Digital Indonesia memberikan kesempatan untuk menjajal langsung seperti apa performa dari WD_BLACK SN850X NVMe SSD yang telah hadir di Tanah Air. Setelah mencobanya selama 2 minggu, berikut ulasan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum membelinya. Yuk, simak sama-sama berikut ini. 

Desain

WD_Black SN850X

Nampak kalau desain WD_BLACK SN850X NVMe SSD memang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, di mana bagian desain didominasi dengan warna hitam yang telah menjadi ciri khas dari seri Black keluaran Western Digital. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung komponen NAND flash yang berukuran besar dan controller yang berada di bagian depannya. 

WD_Black SN850X

Agar terlihat lebih ramping, WD_BLACK SN850X NVMe SSD juga tidak memiliki heatsink tambahan. Walau begitu, kamu bisa memanfaatkan pelindung atau heatsink tambahan bila diperlukan. Piranti media penyimpanan sangat cepat ini hadir dengan form factor M.2 2280 yang telah mendukung PCIe Gen4 x4 yang bisa memberikan kecepatan sangat tinggi saat ini. 

Performa Lebih Baik 

WD_Black SN850X

Pada sektor performa, Western Digital mengungkap kalau WD_BLACK SN850X NVMe SSD lebih cepat hingga 40 persen dibandingkan dengan seri SN850 yang telah hadir lebih dulu. Sedangkan untuk dayanya, mereka mengklaim memiliki efisiensi daya hingga 20 persen. Hal ini dapat dilakukan karena menggunakan pengontrol SSD empat saluran tanpa DRAM dan flash TLC.

Tentunya ini membuat semua komponen, baik pengontrol dan bagian chip penyimpanan terdapat di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang, tidak terdapat apapun alias kosong, yang menjadikan SSD ini lebih ringkas dan lebih mudah untuk didinginkan secara pasif.

Bagi kamu yang belum memiliki perangkat yang kompatibel dengan WD_BLACK SN850X NVMe SSD, tenang saja, karena piranti ini masih bisa kompatibel dengan PCIe Gen3. Namun ada konsekuensi yang harus dibayar, di mana performa kecepatan yang diberikan tidak begitu maksimal. Sehingga pastikan bila hendak membeli SSD NVMe terbaru dari Western Digital pastikan sudah memiliki slot PCIe Gen4. 

Dukungan Software yang Bermanfaat

WD_Black SN850X

Hal menarik dari hardware kalau WD_BLACK SN850X NVMe SSD adalah ketersediaan software yang sangat bermanfaat. Pada software WD_Black yang disediakan ini, pengguna akan bisa melihat sejumlah informasi dari NVMe SSD tersebut. Bahkan pengguna juga bisa mendapatkan menu bernama “Game Mode” yang dapat membuat SN850X sedikit lebih kencang.

Pengujian 

Kebetulan penulis mendapatkan WD_BLACK SN850X NVMe SSD varian kapasitas 2TB yang dikemasannya dapat memberikan kecepatan Read/Baca hingga 7.256 MB/s. Sedangkan untuk kecepatan Write/Tulis mencapai 6661 MB/s. 

Selain itu, tertulis juga piranti penyimpanan ini memiliki garansi hingga 5 tahun lamanya. 

Penulis menguji WD_BLACK SN850X NVMe SSD ini pada perangkat PC dan juga laptop gaming yang tengah penulis ulas.

WD_Black SN850X

Dengan piranti hardware yang telah mendukung, tentunya performa yang diberikan pada perangkat media penyimpanan SSD NVMe dari Western Digital ini dapat berjalan dengan maksimal. 

Berikut screenshot pengujian WD_BLACK SN850X NVMe SSD di PC menggunakan CrystalDiskMark 8.0.4:

WD_Black SN850X

Bahkan penulis juga membandingkan antara mode Gamer dan mode standar, perbedaan performa WD Black SN770 tidak terlalu besar. Perbedaannya ada antara 1 hingga 2 persen, namun mengorbankan sedikit panas.

Penulis juga menguji WD_BLACK SN850X NVMe SSD pada laptop gaming Lenovo Legion Slim 7 yang sayangnya masih medukung PCIe Gen3. Walau begitu, tidak menjadi masalah karena piranti media penyimanan dari Western Digital ini tetap memberikan performa terbaiknya. 

WD_Black SN850X

Selama pengujian, WD_BLACK SN850X dapat menghasilkan suhu sekitar 47 derajat Celcius pada perangkat laptop gaming dan di PC di kisaran 39 derajat Celcius untuk mode standar. Sedangkan untuk mode Gaming, tercatat suhu yang dihasilkan sekitar 51 derajat Celcius di laptop gaming dan di PC ada dikisaran 42 derajat Celcius.

Selain itu, penulis juga menguji untuk menjalankan sejumlah game AAA pada perangkat PC maupun laptop gaming. Hasil performa yang diberikan juga sangat baik, nampak loading time dari game yang dijalankan sangat singkat. Bahkan ketika mencoba untuk menjalankan game seperti God of War di PC, loading time yang diperlukan untuk bisa masuk ke game hingga ke lobby hanya membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 detik saja. 

Kesimpulan 

WD_Black SN850X

WD_BLACK SN850X NVMe SSD merupakan jawaban bagi kamu yang mencari sebuah hardware media penyimanan yang memiliki performa kencang dan bisa diandalkan. Apalagi perangkat ini telah mendukung slot PCIe Gen4 yang memang telah menjadi syarat untuk sebuah PC atau laptop gaming saat ini. Kebutuhan penyimpanan besar dan transfer data yang kecang telah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dihindari lagi. Terlebih bila kamu menganggap bahwa waktu adalah suatu yang berharga. 

Nah bagi kamu yang tertarikm, WD_BLACK SN850X NVMe SSD saat ini dibanderol dengan harga berkisar Rp2.975.000 untuk versi 1TB. Sedangkan untuk versi 2TB dibanderol dengan harga berkisar Rp5.185.000. Dengan performa yang ditawarkan dan garansi yang panjang hingga 5 tahun, tentunya memang harga yang pantas untuk sebuah NVMe SSD gaming saat ini.