Di Xbox, kami mengutamakan pemain sebagai fokus dari pekerjaan kami – dan ini mencakup praktik kepercayaan dan keamanan kami. Dengan lebih dari 3 miliar pemain di seluruh dunia, dan komunitas online yang tumbuh dan berkembang secara dinamis setiap harinya, sudah menjadi tugas kami untuk mendorong ruang bermain yang aman, positif, inklusif, dan menarik bagi semua pemain, mulai dari gamer pemula hingga mereka yang berpengalaman.
Hari ini, kami merilis Laporan Transparansi Xbox pertama kami, yang menghadirkan data dan penjelasan yang konkrit di balik apa yang kami lakukan untuk melindungi para pemain dan memoderasi konten di platform kami. Kami berkomitmen untuk merilis laporan setiap enam bulan, di mana kami akan membagikan update mengenai kemajuan yang telah kami capai.
Dalam laporan Digital Civility Index yang terakhir kali dirilis Microsoft, tercatat bahwa 9 dari 10 responden menyatakan perlunya diadakan edukasi terkait bagaimana cara membuat dunia digital lebih aman – dan seperti yang kita tahu, dunia game merupakan salah satu lingkungan digital terbesar.
Terbitnya laporan ini adalah bagian dari komitmen jangka panjang kami terhadap keamanan online, meningkatkan kesadaran terkait penemuan kami, dan bertindak lebih jauh lagi untuk membantu orang memahami cara berperan positif dalam komunitas Xbox. Laporan ini melengkapi tinjauan lanjutan dari Standar Komunitas kami, untuk memudahkan pemain memahami perilaku apa yang dapat dan tidak dapat diterima oleh Xbox; investasi lanjutan dalam teknologi moderasi konten; serta kemitraan berkelanjutan dengan asosiasi industri, para regulator, dan komunitas.
Kami sadar bahwa Xbox adalah tempat spesial untuk kamu. Kami percaya bahwa setiap orang harus merasakan kesenangan dari bermain game, bebas dari rasa takut dan intimidasi, dan tetap berada dalam batasan yang kamu tetapkan sendiri.
Selama beberapa tahun terakhir, kami telah berinvestasi dalam fitur yang membantu menjadikan pengalaman bermain pengguna menjadi lebih aman, seperti Aplikasi Pengaturan Keluarga Xbox yang memberikan pilihan bagi orang tua dan pengasuh untuk mengelola pengalaman anak-anak mereka di Xbox, dengan menghadirkan Two Hat, yang memoderasi konten untuk manajemen komunitas, yang membawa teknologi Community Sift mereka serta pakar bahasa dan budaya khusus ke dalam portofolio keselamatan kami. Kami juga mengakui bahwa aktivitas negatif dapat terjadi, dan bahkan telah terjadi.
Kami tidak akan membenarkan perilaku atau konten apa pun yang bertentangan dengan Standar Komunitas kami. Yang penting bagi kami adalah meluangkan waktu sejenak untuk berhenti dan merenungkan posisi kami dalam perjalanan ini, lalu membagikannya kepadamu. Kami akan terus belajar, berprogres, dan berinvestasi sehingga kamu dapat memiliki pengalaman terbaik saat bermain.
Beberapa sorotan utama dari laporan ini adalah sebagai berikut:
- Xbox bertindak untuk menawarkan pengalaman yang lebih baik. Tim Xbox mengeluarkan lebih dari 4,33 juta penegakan proaktif terhadap akun palsu, yang mewakili 57% dari total penegakan dalam periode pelaporan ini. Akun palsu yang ditindak biasanya adalah akun otomatis atau akun yang dibuat oleh bot yang tentunya mengurangi pengalaman positif bagi para pemain. Moderasi proaktif ini meningkat 9x dari periode yang sama tahun lalu, dan memungkinkan Xbox menemukan konten negatif sebelum konten tersebut mencapai pemain. Xbox terus berinvestasi dan meningkatkan teknologinya sehingga pemain dapat memiliki pengalaman yang aman, positif, dan menawan.
- Pemain adalah penjaga komunitas. Pelaporan pemain adalah bagian penting dalam pendekatan keamanan Xbox. Bersama dengan peningkatan langkah-langkah keamanan proaktif, investasi dalam teknologi pemindaian dan pemfilteran, dan edukasi dari komunitas Xbox Ambassador, pelaporan ini membantu Xbox meningkatkan usaha mereka dalam melindungi pemain dengan lebih baik lagi. Pemain Xbox memberikan lebih dari 33 juta laporan pada periode ini. Aspek komunikasi (46%) dan perilaku (43%) sendiri menjadi bagian besar dari kekhawatiran pemain. Agen moderasi konten siap melayani 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun untuk memastikan konten dan perilaku yang ditemukan di platform mematuhi Standar Komunitas Xbox.
- Pemain adalah pemegang kendali. Setiap pemain itu berbeda sehingga tidak cocok untuk menerapkan satu preferensi mutlak akan sebuah konten dan pengalaman. Xbox menawarkan banyak cara bagi pemain untuk menyesuaikan pengaturan, mulai dari filter pesan hingga kontrol orang tua, yang dapat diakses kapan saja dalam pengalaman Xbox mereka. Pengaturan ini memungkinkan pemain untuk mengelola jenis konten yang mereka lihat dan alami pada semua jenis device, baik di PC, konsol, atau dengan Xbox Cloud Gaming. Kendali implementasi pengaturan yang tepat untuk setiap orang sepenuhnya ada di tangan pemain, teman, dan anggota keluarga.
Bagaimana kamu bisa berkontribusi? Komunitas Xbox akan menjadi kuat jika anggota komunitasnya kuat, dan feedback serta laporan yang kamu berikan membantu kami untuk terus berkembang dengan menghadirkan fitur, pengaturan, dan peluang baru yang membantu membentuk platform kami. Kami ingin kamu merasa yakin bahwa kami mendengar dan menindaklanjuti komentarmu, jadi silakan berikan feedback kamu untuk kami melalui program Xbox Insiders atau di situs web Xbox Support. Bersama-sama, kita dapat membantu membuat ruang di mana Standar Komunitas dapat ditegakkan, serta menciptakan ruang di mana semua orang dapat bersenang-senang.
Selain tim keamanan kami, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada komunitas luar biasa yang terdiri dari lebih dari 150.000 Xbox Ambassadors, yang beberapa di antara mereka berperan dalam terwujudnya Laporan Transparansi Xbox. Xbox Ambassadors mewakili jaringan gamer di seluruh dunia yang merayakan keunikan setiap orang dan memiliki misi untuk menjadikan pengalaman bermain game menyenangkan bagi setiap pemain.
Dan terakhir, izinkan kami untuk membagikan beberapa bahan tambahan:
- Baca Standar Komunitas Xbox kami
- Pelajari tentang cara kerja Aplikasi Pengaturan Keluarga Xbox melalui video ini, dan unduh kapanpun kamu mau
- Tetap terhubung dengan Privasi dan Keamanan Online
- Baca informasi mengenai Cara Melaporkan Pemain dan Cara Mengirim Tinjauan Kasus
- Butuh bantuan? Minta Panggilan, Obrolan Online, dan Lainnya