News, Smartphone, Tekno & Gadget

ASUS Resmi Rilis Zenfone 9 ke Indonesia, Dijual dengan Harga Mulai dari Rp7 Jutaan

Zenfone 9 merupakan varian smartphone terbaru yang sempat lebih dulu hadir secara global pada bulan September 2022 lalu. Kini ASUS Indonesia telah resmi membawa smartphone flagship mereka tersebut ke Indonesia. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Zenfone 9 hadir dengan desain yang cukup menarik. ASUS melengkapinya dengan bingkai logam serta tepi yang rata sehingga mirip dengan kebanyakan ponsel di pasar. Pada bagian belakangnya, terdapat dua lingkaran di kiri atas.

Sudah dapat ditebak bahwa kedua lingkaran tersebut adalah konfigurasi kamera belakang. Kamera utama pada Zenfone 9 memiliki sensor Sony IMX766 beresolusi 50 MP dengan aperture f/1.9. Di sisi lain, terdapat kamera belakang sekunder dengan lensa ultra lebar (bidang pandang 113 derajat) beresolusi 12 MP.

Zenfone 9

Selain itu ada juga sistem stabilisasi berbasis gimbal 6 arah yang dipadukan dengan EIS. Sistem stabilisasi ini diberi nama oleh ASUS sebagai 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer. Teknologi stabilisasi gabungan ini menjanjikan perekaman video yang stabil meski pengguna merekam sambil berjalan atau kegiatan semacamnya.

ASUS mengklaim kalau Zenfone 9 menjadi smartphone paling ringkas saat ini, karena memiliki ukuran yang cukup mungil dengan dimensi 146,5 x 68,1 x 9,1 mm dengan bobot 169 gram. Sebagai perbandingan, pendahulu Zenfone 9 (Zenfone 8) memiliki dimensi 148 x 68,5 x 8,9 mm. Sama seperti pendahulunya, Zenfone 9 memegang sertifikasi IP68 yang menjadikannya tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Zenfone 9

Berbeda dengan kebanyakan smartphone flagship, Zenfone 9 dilengkapi oleh jack audio 3,5 mm. Sehingga pengguna dapat mendengarkan musik via earphone standar walaupun sedang mengisi ulang baterai. Menariknya, bagian port audio ini berada dibagian sisi atas.

Untuk sisi tepi kanan, terdapat tombol volume dan tombol daya. Khusus tombol daya, ASUS mengintegrasikannya dengan sensor sidik jari. Zenfone 9 juga dirancang agar mudah dioperasikan menggunakan hanya satu tangan. Hadirnya tombol ZenTouch multi-function memungkinkan kamu menggunakan ibu jari untuk menggeser layar ke atas / ke bawah, klik dua kali, buka aplikasi, refresh website, dan sebagainya lewat gesture gerakan dari sisi ponsel.

Teknologi panel layar yang dipegang oleh Zenfone 9 adalah Super AMOLED berukuran 5,9 inci. Layar dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel ini memiliki kecerahan hingga 1.100 nit yang cukup terang sehingga nyaman digunakan di luar ruangan saat siang hari.

ASUS juga membenamkan layar Zenfone 9 dengan dukungan refresh rate tinggi hingga 120 Hz sehingga dapat menghasilkan pergerakan animasi di layar secara mulus saat scrolling. Bahkan layar pada Zenfone 9 memiliki color gamut lebar DCI-P3 112% dengan dukungan HDR10+, serta akurasi warna delta E<1. Layar Zenfone 9 juga telah terproteksi dengan menggunakan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass Victus serta memuat punch-hole di pojok kiri atas untuk kamera depan beresolusi 12 MP.

Zenfone 9

Pada bagian audio, Zenfone 9 juga turut dilengkapi dengan speaker stereo ganda. Dengan demikian, Zenfone 9 akan lebih imersif saat digunakan untuk menonton film atau bermain gim. Kapasitas baterai pada ponsel ini adalah 4.300 mAh dengan pengisian cepat 30W yang diklaim mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit.

Prosesor yang digunakannya adalah Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 dengan RAM LPDDR 5 hingga 16 GB. Teknologi penyimpanan internal pada smartphone tersebut adalah UFS 3.1 hingga kapasitas 256. Untuk perangkat lunak, Zenfone 9 berjalan di atas sistem operasi Android 12 dengan ZenUI 9.

Berikut Harga Masing-Masing Varian ASUS Zenfone 9 di Indonesia:

  • 6 GB + 128 GB = Rp7.999.000
  • 8 GB + 256 GB = Rp9.999.000
  • 16 GB + 256 GB = Rp11.999.000