PC, Review, Tekno & Gadget

[REVIEW] Western Digital WD_BLACK P40, SSD Portable untuk PC dan PS5

Kebutuhan terhadap penyimpanan file digital semakin besar. Terlebih para gamer yang membutuhkan media penyimpanan dengan performa tinggi. Sehingga gamer sering kali berani merogoh kocek lebih dalam untuk urusan kinerja sehingga bisa memberikan pengalaman bermain lebih baik. Melihat peluang tersebut, Western Digital sebagai perusahaan yang sudah cukup lama berkutat dalam media penyimpanan, turut menghadirkan sebuah produk unggulan yang diberi nama WD_BLACK P40 Game Drive SSD.

WD_Black sendiri adalah line-up yang khusus dikembangkan oleh Western Digital untuk memenuhi kebutuhan para gamers terhadap storage berkinerja tinggi. Sedangkan WD_BLACK P40 Game Drive SSD dirancang untuk meningkatkan pengalaman gaming, ekspansi portofolio ini menawarkan gamers lebih banyak opsi untuk menambah penyimpanan di PC maupun console mereka.

WD_BLACK P40 Game Drive SSD

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,9 jutaan untuk varian terkecilnya dengan garansi terbatas mencapai 5 tahun, kamu yang butuh penyimpanan portabel untuk koleksi game kesukaan mungkin bisa melirik WD_BLACK P40.

Nah penulis kebetulan mendapatkan kesempatan dari Western Digital untuk menjajal langsung kehebatan dari WD_BLACK P40 Game Drive SSD sebagai media penyimpanan eksternal yang sangat kokoh dan kencang. Penulis juga melakukan pengujian median penyimpanan ini pada beberapa perangkat. Penasaran seperti apa? Langsung saja simak sama-sama pembahasannya berikut ini.

Unboxing

WD_BLACK P40 Game Drive SSD

Sama seperti seri WD_BLACK lainnya, WD_BLACK P40 Game Drive SSD juga dikemas dengan amat baik dan sangat aman. Karena saat mengeluarkannya, SSD eksternal ini turut dikemas dengan wadah plastik yang berlapis dan tahan goncangan.

Desain

WD_BLACK P40 Game Drive SSD

Sesuai dengan namanya, WD_BLACK P40 Game Drive SSD hadir dalam balutan serba hitam dengan aksen putih yang sudah menjadi ciri khas dari lini produk ini. Desain case luar dari SSD portabel ini mengingatkan saya pada desain koper perjalanan yang mana dibuat dengan struktur untuk ketahanan dan guncangan.

Dengan dimensi 106,9×50,8×13 mm, bodi dari WD_BLACK P40 terbilang sangat ringkas untuk sebuah penyimpanan eksternal. Tidak banyak pernak pernik yang menghiasi bodi luarnya selain tulisan WD_BLACK dan informasi produk pada bagian belakang.

WD_BLACK P40 Game Drive SSD

Namun yang membedakan WD_BLACK P40 dari penyimpanan internal lainnya, terdapat lampu RGB pada pinggiran bawahnya yang dapat menyala. Pencahayaannya terbilang cukup keren dan bisa diatur melalui aplikasi Dashboard.

Penggunaan Mudah

WD_BLACK P40 Game Drive SSD

WD_BLACK P40 Game Drive SSD hadir dengan port USB-C 3.2 Gen 2 x2 untuk mendukung transfer data berkecepatan tinggi. Sementara itu kabel USB-C to USB-C sepanjang 60cm juga sudah disediakan dalam paket penjualannya. Dengan begitu penggunaannya jadi lebih praktis karena USB-C mulai umum tersedia dan tidak perlu port daya tambahan.

Selain itu, Western Digital juga menyediakan adaptor USB-C to USB-A sebagai tambahannya sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin menghubungkan penyimpanan SSD portabel ini ke perangkat yang hanya menyediakan port USB-A.

Tersedia dalam Beberapa Varian

WD_BLACK P40 Game Drive SSD

Western Digital sebenarnya telah merilis beberapa varian untuk WD_BLACK P40 ini, di antaranya varian 500 GB, 1 TB, dan 2 TB. Tentu dengan harga yang berbeda-beda. Namun untuk varian yang penulis uji ini memiliki kapasitas 1TB dengan nomor model WDBAWY0010BBK.

Western Digital mengklaim kalau WD_BLACK P40 memiliki kecepatan sekuensial untuk Baca hingga 2.000MB/s dan Tulis hingga 1.950 MB/s. Oleh karena itu penyimpanan ini bahkan kompatibel untuk mengarsipkan game dari PlayStation 5 dan Xbox Series X|S.

Bahkan SSD portable ini juga bisa digunakan pada console PlayStation 4 (versi 4.50) dan Xbox One dan seluruh game juga dapat langsung dimainkan dengan lancar karena kecepatan transfer yang sangat tinggi tersebut. Sehingga WD_BLACK P40 dapat berfungsi tidak hanya untuk back up melainkan juga bisa untuk install game langsung jika diinginkan.

Dukungan Software yang Bermanfaat

WD_BLACK P40 Game Drive SSD WD_BLACK P40 Game Drive SSD

Hal menarik dari hardware kalau WD_BLACK P40 adalah ketersediaan software yang sangat bermanfaat. Pada software WD_Black yang disediakan ini, pengguna akan bisa melihat sejumlah informasi dari SSD portable tersebut. Bahkan pengguna juga bisa mendapatkan menu bernama “Game Mode” yang dapat membuat SN850 ini akan sedikit lebih kencang.

Di dalamnya selain bisa melihat penggunaan kapasitas hingga kesehatan, Dashboard juga menyediakan pengaturan lampu RGB. Secara bawaan tersedia beberapa profil pencahayaan seperti Breathing, Rainbow, Strobing, dan lainnya yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Selain itu, WD_BLACK P40 juga mendukung pencahayaan pihak ketiga seperti Razer Chroma RGB, ASUS Aura Sync, Mystic Light SYNC, dan GIGABYTE RGB Fusion 2.0 agar dapat tersinkronisasi dengan pencahayaan perangkat lain.

Pengujian WD_BLACK P40

WD_BLACK P40 Game Drive SSD

Penulis menguji WD_BLACK P40 ini pada perangkat laptop gaming dan console PS5. Laptop gaming yang penulis gunakan sendiri telah memiliki slot USB Type A dan Type C. Spesifikasi laptop gaming yang digunakan untuk uji coba juga memiliki port Thunderbolt 4.0 yang dapat digunakan untuk transfer data dalam kecepatan penuh. Untuk mengujinya, penulis menggunakan Crystal Disk Mark 8 yang mana mendapatkan hasil 1.034,15 MB/s untuk Baca dan 955,51 MB/S untuk Tulis pada mode sekuensial. Angka tersebut memang tidak setinggi klaim dari Western Digital yang bisa mendekati mencapai 2.000 MB/s.

Pengujian berikutnya adalah mentransfer back up data game dari Steam sebesar 70 GB, terlihat kalau transfer yang dimiliki WD_BLACK P40 cukup cepat dan stabil diangka 300 sampai 400 MB perdetik. Dengan besar data 70 GB, file tersebut dapat dipindahkan dengan hanya waktu sekitar 4 menitan saja.

WD_BLACK P40 Game Drive SSD

Untuk suhunya sendiri menurut informasi yang terlihat dari Dashboard cukup stabil di 44°C ketika tengah melakukan transfer dalam waktu lama. Berbicara soal Dashboard, segala informasi tentang WD_BLACK P40 dapat diakses melalui aplikasi khusus buatan Western Digital tersebut.

Kesimpulan

WD_BLACK P40 Game Drive SSD

WD_BLACK P40 Game Drive SSD merupakan jawaban bagi kamu yang mencari sebuah hardware media penyimanan yang memiliki performa kencang dan bisa diandalkan. Apalagi perangkat ini telah mendukung port Thunderbolt 4.0 dan slot USB Type A yang memang telah menjadi syarat untuk sebuah PC atau laptop gaming bahkan console saat ini. Kebutuhan penyimpanan besar dan transfer data yang kecang telah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dihindari lagi. Terlebih bila kamu menganggap bahwa waktu adalah suatu yang berharga.

Nah bagi kamu yang tertarik, WD_BLACK P40 Game Drive SSD varian 1 TB yang penulis ulas ini dibanderol dengan harga berkisar Rp2.890.000 untuk varian heat sink dengan kapasitas 1TB. Dengan performa yang ditawarkan dan garansi yang panjang hingga 5 tahun, tentunya memang harga yang pantas untuk sebuah NVMe SSD gaming saat ini.