Laptop, Review, Tekno & Gadget

[REVIEW] MSI Vector GP66-12UGS, Laptop Gaming Buas yang Ditenagai dengan Prosesor Intel Gen-12

tahun 2022 lalu, Micro-Star International (MSI), produsen komputasi inovatif di industri gaming dengan bangga mengumumkan bahwa jajaran laptop gaming terbarunya yang berprosesor Intel generasi ke-12 telah hadir di Indonesia. Melalui lini laptop gaming tersebut, MSI berusaha menunjukkan tekad dan visinya untuk era Metaverse mendatang.

Jajaran prosesor Intel Core Generasi ke-12 (Alder Lake) sebenarnya telah diperkenalkan sejak akhir tahun 2021, tapi baru hadir di Indonesia pada pertengahan tahun 2022. Kehadiran prosesor Intel terbaru ini diyakini akan bisa menjawab kebutuhan bagi pengguna di Indonesia yang membutuhkan dari segi gaming, multitasking, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, pada jajaran prosesor Intel generasi ke-12 ini akan menggunakan teknologi chiplet yang terdiri dari Performance-cores (P-cores) yang akan meng-handle beban kerja berat dan Efficient-cores (E-cores) yang meng-handle beban kerja ringan.

Nah di antara sejumlah laptop gaming yang dirilis, seri MSI Vector GP66-12UGS merupakan salah satu varian yang cukup diminati karena memiliki keunggulan dari segi performa hingga kualitas yang baik. Pasalnya, laptop MSI seri Vector GP66 dirancang untuk membantu gamer meraih kesuksesan dengan key travel 1,7 mm yang nyaman dan teknologi pendingin eksklusif Cooler Boost 5. Seluruh laptop baru MSI seri Gaming di atas memberikan performa yang sangat kuat, solusi termal inovatif, dan berbagai fitur baru, yang kemudian disempurnakan dengan sentuhan estetika khas MSI.

Kebetulan penulis diberi kehormatan oleh MSI Indonesia untuk menjajal langsung laptop gaming MSI Vector GP66-12UGS, satu-satunya SKU tertinggi yang dirilis oleh MSI. Sebenarnya laptop ini memiliki karakter yang sama seperti varian GP66 lainnya yang telah rilis lebih dulu tahun lalu. Tapi yang membedakannya adalah spesifikasi terbaru dan beberapa fitur yang diusung. Selain itu, spesifikasi, performa, fitur terbaru, dan harga yang lebih terjangkau menjadi alasan mengapa MSI Vector GP66-12UGS layak untuk dimiliki saat ini.

Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Desain 

Secara desain, MSI Vector GP66-12UGS generasi tahun 2022 ini tidak jauh berbeda dengan versi tahun lalu. Di mana desainnya tergolong simple-minimalis, dengan keseluruhan warna didominasi warna hitam tanpa aksen gaming yang gonjreng. Sehingga laptop gaming ini cocok bagi kamu yang ingin terlihat seperti gamer tapi tidak ingin mencolok karena lampu RGB di bagian laptop. Di bagian atas, kamu akan bisa menemukan logo MSI yang masih di-engrave ke dalam dengan warna yang sama seperti warna bodi.

Selain itu, laptop gaming ini juga masing memiliki desain layar thin bezel yang membuat bezel sekitar layar menjadi lebih tipis. Hal ini membuat dimensi laptop gaming MSI Vector GP66-12UGS yang sudah tenagai Intel Gen 12 besutan MSI ini lebih kompak dan ringkas.

Sedangkan di bagian bawah, kamu akan menemukan sejumlah airflow. Hal tersebut membuat sirkulasi udara pada laptop gaming ini terasa amat baik. Sehingga bila kamu menambahkan dengan perangkat cooling pad, maka sirkulasi udara dilaptop ini akan semakin baik lagi. Dari segi material, MSI Vector GP66-12UGS yang penulis ulas memiliki kualitas material yang amat baik. Walau secara keseluruhan, material yang digunakan merupakan plastik.

Untuk dimensi MSI Vector GP66-12UGS, hampir mirip dengan generasi sebelumnya, di mana laptop gaming ini memiliki dimensi Panjang 35,8 cm, Lebar 26,7 cm, dan Tebal 2,34 cm. Sementara bobotnya, untuk Laptop yaitu sebesar 2.38 kg, dan Charger 1.06 Kg. Sehingga total bobot secara keseluruhan yaitu sebesar 3,44 Kg.

Layar 240 Hz yang Memanjakan Mata

Berbicara layar, MSI Vector GP66-12UGS yang penulis ulas memiliki layar berukuran 15,6 inci yang menggunakan panel IPS-Level didukung LED (Light Emiting Diode) backlight dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menghasilkan sudut pandang yang luas dan tajam, serta mampu menacarkan 45% NTSC color gamut.

Layar laptop gaming ini mengusung refresh rate 240Hz yang mampu menghasilkan gerakan animasi lebih mulus, sehingga mengurangi efek screen tearing dan stuttering. Layar MSI Vector GP66-12UGS juga memiliki tingkat kecerahan 250 nits (Panelook). Layar memiliki permukaan matte atau anti-glare, membuatnya nyaman digunakan karena bebas pantulan cahaya dan bayangan.

Layar dari laptop gaming ini juga menjadi salah satu fitur unggulan yang dimiliki, karena laptop gaming ini memiliki engsel yang dapat dibentangkan hingga 140 derajat. Ini memudahkan pengguna untuk lebih fleksibel dalam mengatur sudut layar saat digunakan.

Keyboard dari SteelSeries

Keyboard dari MSI Vector GP66 12UGS, masih menggunakan produsen periferal dan aksesoris game terkemuka, yakni SteelSeries. Mereka pun tidak menyisipkan numpad, atau biasa orang-orang tahunya tombol nomor yang terletak di ujung sebelah kanan.

Hal ini membuat posisinya menjadi lebih ke tengah, dan nampak minimalis. Ditambah lighting RGB yang disematkan pada keyboard, untuk membuat kesan bermain game lebih memuaskan.

Warna-warnanya sendiri juga dapat diubah sesuka hati. Namun perlu diingat, pengguna membutuhkan aplikasi bernama SteelSeries.gg. Bisa langsung mengjungi link tersebut, kemudian pilih file yang ingin diunduh, baik itu Windows maupun Mac.

Konektivitas Lengkap dan Sistem Pendingin Baru

Laptop gaming ini juga memiliki konfigurasi konektivitas yang sangat lengkap, mengandalkan WiFi 6 802.11 ax, Bluetooth 5.1, Gb LAN (RJ45), Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, port mic-in, dan port audio.

MSI turut membekali laptop gaming ini dengan baterai berkapasitas 4-cell 65Wh Li-ion untuk memenuhi kebutuhan dayanya saat mobile dengan daya tahan hingga 7 jam penggunaan standar. Sebagai generasi terbaru MSI Vector GP66-12UGS juga telah memiliki solusi pendinginan canggih bernama CoolerBoost 5 yang terdiri dari dua buah kipas dan 6 buah heatpipe dengan desain baru guna meredam panas yang dihasilkan.

Audio Bermain Game Semakin Mantap

Tak hanya sektor layar, konektivitas, dan sistem pendingian, sektor audio juga turut diperhatikan pada MSI Vector GP66-12UGS. Laptop gaming ini memiliki teknologi audio yang cukup baik dengan membawa teknologi dari Nahimic dan Hi-Res Audio yang mampu menyimulasikan suara surround sound 7.1 dengan apik, sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman 3D gaming audio yang mendalam dan akurat melalui menggunakan headset maupun speaker yang dihadirkan.

Performa Powerful

Karena penulis mengulas MSI Vector GP66-12UGS, maka laptop gaming ini telah ditenagai dengan prosesor Alder Lake i7-12700H dan menggunakan GPU NVIDIA RTX 3070 Ti 16GB GDDR6. Kekuatan powerful tersebut juga dipadukan dengan storage menggunakan NVMe PCIe Gen4x4 SSD dengan kapasitas 1TB. Selain itu, RAM-nya juga telah disematkan RAM 16 GB SODIMM DDR IV 8GB x 2 (3200MHz). Tidak mengherankan kalau saat pengujian dengan Cinebench R23, prosesor multicore-nya mampu menghasilkan performa yang luar biasa. Di bagian single-core hasil pengujiannya juga tak kalah hebat, sehingga penggunaan yang fokus pada single-core seperti bermain game AAA tak menimbulkan kendala.

Berikut hasil benchmark dari MSI Vector GP66-12UGS:

3DMark FireStrike Extreme

3DMark Port Royal

3DMark Time Spy

Cinebench R23

V-Ray Benchmark

V-Ray Benchmark GPU RTX

Blender

Hasil pengujian terhadap beberapa video game populer juga sangat baik. Ketika penulis mengujinya bermain game seperti Shadow of the Tomb Raider, Valorant dan Dota 2 dengan settingan rata kanan, laptop MSI Vector GP66-12UGS ini mampu menghasilkan frame rate cukup stabil pada beberapa scene tertentu.

Untuk seberapa cepat media penyimpanan pada MSI Vector GP66-12UGS, penulis telah mengujinya pada aplikasi CrystalDiskmark 8.0.4 dengan hasil yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Dari beberapa hasil skema pengujian yang penulis jalankan, penulis sudah merasa puas karena MSI Vector GP66-12UGS hadir dengan spesifikasi tinggi dan ditemani kapasitas RAM 16 GB dan SSD NVMe Gen 4. Bahkan dalam skema bermain game AAA sekalipun tidak begitu terasa stuttering ketika bermain, bahkan pada scene yang ramai dan membutuhkan proses grafis berat. Bila terasa kurang, MSI juga telah menyediakan slot tambahan untuk upgrade RAM atau memori internal  agar memberikan performa maksimal.

Fitur MSI Center dan Smart Auto

MSI juga menyematkan sebuah fitur unik pada MSI Vector GP66-12UGS, yakni MSI Center dan Smart Auto. Kedua fitur ini sangat berguna bagi kamu yang ingin mengkostumisasi dan memaksimalkan performa pada laptop gaming tersebut. Pada fitur MSI Center, kamu akan bisa mengatur dan menyesuaikan performa laptop gaming ini sesuai dengan skema penggunaan.

Contohnya, bila kamu sedang berada di sekolah atau kampus dan tidak ada memiliki colokan listrik, maka kamu bisa mengaturnya pada mode hemat daya. Namun bila ketika di rumah dan ingin bermain game, maka kamu juga bisa memaksimalkan performa laptop gaming ini agar memberikan kenyamanan ketika bermain.

Sedangkan fitur Smart Auto sangat berguna bila kamu lupa mengatur di MSI Center, sehingga sistem akan secara otomatis mendeteksi situasi penggunaan dan menyesuaikan dengan mode yang dibutuhkan.

Saat dipakai untuk bermain game, laptop ini memiliki konfigurasi kipas yang bisa disesuaikan penggunanya. Sehingga bila sedang digunakan untuk bermain game maka penggunanya bisa mengatur kipas untuk memutar lebih kencang.

Meski begitu, jujur memang laptop gaming ini menghasilkan suara kipas yang cukup berisik walau masih dalam toleransi batas yang wajar. Untuk itu penulis sarankan untuk menggunakan headphone agar suara kipas yang dihasilkan laptop ini tak mengganggu kenyamanan saat sedang sesi gaming.

Untungnya, dari segi panasnya perangkat, kenyamanan menggunakan laptop gaming MSI Vector GP66-12UGS ini sama sekali tidak terganggu, karena hawa panas yang dihasilkan dari laptop ini semua telah dihempaskan ke belakang dan samping kiri. Alhasil, ketika dalam penggunaan mouse, penulis tidak merasakan hawa panas yang disemburkan pada lubang ventilasi. Hal ini tentu memberikan kenyamanan ketika sedang berlama-lama menggunakan mouse.

Kesimpulan

MSI Vector GP66-12UGS adalah varian laptop gaming budget dengan prosesor Intel Alder Lake i7-12700H kencang saat ini yang bisa kamu miliki. Performa yang ditawarkan pada laptop gaming ini bahkan tidak kalah dibandingkan dengan laptop lini MSI Raider yang memang diperuntukan bagi gamer kelas high. Dipadukan dengan NVIDIA RTX 3070 Ti 16GB GDDR6, performa yang diberikan terasa lebih unggul ketika penulis bermain game seharian. Bahkan MSI juga memberikan keluasaan bagi kamu yang ingin meng-upgrade kapasitas RAM atau memori suatu hari nanti.

Build material yang kokoh membuat penulis sangat percaya diri untuk membawa MSI Vector GP66-12UGS kemana-mana. Dengan desain hitam polos dan tidak banyak aksen gaming yang gonjreng, laptop gaming ini tentunya sangat cocok bagi kamu gamer mainstream berjiwa minimalis tapi tetap memperhatikan performa yang powerful.

Penulis sulit mencari kekurangan dari MSI Vector GP66-12UGS karena performa dan harga yang ditawarkan, apalagi ada beberapa hal yang mungkin menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli. Karena MSI juga turut memberikan sejumlah bonus menarik untuk setiap pembelian, seperti bag eksklusif gratis!

Spesifikasi MSI Vector GP66-12UGS

  • Main Spec : MSI Vector GP66 12UGS
  • CPU : Intel Core i7-12700H Processor (24M Cache, up to 4.7 GHz)
  • GPU : NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti Laptop GPU 8GB GDDR6
  • RAM : 2*8GB DDR4 3200MHz, Memory Max Up to:64GB
  • Memori Penyimpanan : 1TB NVMe PCIe Gen4 M.2 SSD
  • Display : 15.6″ QHD (2560×1440), 165Hz, IPS-Level 100% DCI-P3
  • Port : 1x RJ45, 1x (8K @ 60Hz / 4K @ 120Hz) HDMI, 1x Mini-DisplayPort, 3x Type-A USB3.2 Gen1, 1x Type-C (USB3.2 Gen2 / DP)
  • Networking : Wi-Fi 6E (802.11ax) dan Bluetooth 5.2
  • Kapasitas baterai : 65 Whrs
  • Power Adapter : 1x 280 Watt
  • OS : Windows 11 Home

Harga : Rp37,999,000

Harga laptop gaming MSI Vector GP66-12UGS 12UG-263ID yang penulis ulas, dibanderol Rp37,999,000. Untuk informasi lebih lanjut mengenai laptop gaming ini, kamu bisa mengunjungi halaman resmi MSI berikut: