Laptop, Review, Tekno & Gadget

[REVIEW] MSI Katana 15 B13V, Laptop Intel 13th Gen dan RTX 4060 Paling Worth It Saat Ini!

Awal tahun 2023, MSI Indonesia telah memperkenalkan jajaran laptop gaming terbaru mereka di Indonesia. Di antara jajaran laptop gaming yang mereka luncurkan, ada seri laptop gaming yang sangat menarik perhatian, yaitu seri MSI Katana B13V. Laptop terbaru MSI ini dibekali dengan prosesor Intel generasi ke-13 dan kartu grafis NVIDIA RTX 40 Series terbaru, yang akan memberikan performa yang optimal untuk penggunaan gaming. MSI Katana B13V juga menjadi laptop gaming pertama yang menghadirkan kartu grafis NVIDIA RTX 4060 di Indonesia saat ini. 

Sesuai dengan namanya, MSI Katana B13V diibaratkan sebuah senjata katana yang biasa digunakan oleh para samurai. Katana juga disebut sebagai sebuah senjata yang sangat tajam dan kuat sehingga bisa diandalkan dalam berbagai situasi pertarungan. Sehingga laptop gaming MSI Katana B13V bisa diartikan sebagai sebuah senjata powerful yang bisa kamu andalkan dalam berbagai skema penggunaan. 

MSI Katana 15 B13V

Tentunya MSI Katana B13V ini juga sangat bisa menjawab kebutuhan para gamer, desainer, programer, atau content creator yang ingin sebuah laptop gaming berspesifikasi tinggi dan terbaru namun dengan harga yang lebih terjangkau dari saudaranya, yaitu seri MSI Raider. Nah kebetulan penulis mendapatkan kesempatan dari MSI Indonesia untuk bisa mengulas seri MSI Katana B13V, untuk SKU Katana 15 B13VFK-282ID yang menjadi SKU tertinggi dari lini Katana. 

Bila kamu saat ini sedang mencari laptop gaming paling worth it, mungkin MSI Katana 15 B13VFK-282ID bisa menjadi laptop yang dapat kamu andalkan hingga beberapa tahun ke depan. Sebelum beli, yuk simak ulasan dari DuniaGames berikut ini gaes!

Desain Terbaru, Lebih Segar dan Modern

MSI Katana 15 B13V

Berbeda dengan seri MSI Katana GF66 yang sempat hadir tahun lalu, MSI Katana 15 B13VFK-282ID hadir dengan desain yang lebih segar dan modern. Secara keseluruhan, laptop gaming ini didominasi dengan warna hitam dengan finishing glossy yang membuatnya tidak terkesan norak. Sedangkan untuk dimensi, laptop ini memiliki dimensi sebesar 359 x 259 x 24.9 mm dengan bobot sebesar 2.25 Kg. 

MSI Katana 15 B13V

Menariknya, desain dari laptop gaming ini memiliki beberapa detail tambahan, mulai dari ada dua garis vertikal pada bagian bodi belakang yang menemani logo “MSI”. Pada tiap sudutnya juga memiliki detailing cekungan kecil pada bagian monitor dan seperti ornamen detailing seperti baut di dekat bagian keyboard. Selain itu, ada juga detailing motif titik-titik abstrak yang sekitaran frame dan di dekat area exhaust di bagian bawah monitor. 

MSI Katana 15 B13V

Menuju bagian keyboard, MSI Katana 15 B13V telah memiliki 4-Zone RGB illumination yang membuat laptop gaming ini memiliki elemen cahaya RGB yang siap menemani kegiatan bermain game. Keyboard laptop gaming juga memiliki layout full size, di mana sudah terdapat bagian function (fn) key, number key, dan arrow key yang memiliki sejumlah fungsi lain. 

MSI Katana 15 B13V

Uniknya, MSI juga membuat tombol WASD dan tombol arrow key pada MSI Katana 15 B13V dibuat dengan finishing transparan yang membuat tampilan layout keyboard ini gaming banget. Jarak antar tombol keyboard (travel distance) pada laptop gaming ini juga pendek sehingga sangat nyaman untuk digunakan dalam mengetik. Karakteristik keyboard MSI Katana 15 B13V juga terasa clicky dan responsif sehingga asik banget digunakan ketika untuk mengetik kerjaan atau bermain game. 

MSI Katana 15 B13V

MSI Katana 15 B13V

Di bawah bagian keyboard, MSI Katana 15 B13V  juga terdapat full touchpad yang berukuran cukup besar dan sudah tidak ada lagi dedicated klik kiri atau kanan, alhasil bagian touchpad pada laptop gaming ini juga terasa clean dan asik dengan beberapa fungsi gesture yang telah disematkan. 

Pada bagian bawah, kamu akan melihat sejumlah lubang sirkulasi atau air flow yang besar, bahkan kamu bisa melihat bagian heat pipe yang berfungsi untuk membuang panas pada laptop gaming ini. Lubang air flow yang melimpah tersebut, tentunya membuat sirkulasi udara di MSI Katana 15 B13V sangat terjaga dengan baik. 

MSI Katana 15 B13V

Kamu juga bisa menemukan dua buah speaker agar menghasilkan audio stereo dengan power 2 x 2 watt yang telah di-tuning oleh Nahimic 3 by SteelSeries di sisi kanan dan kiri. Hasil suara yang dihasilkan juga sudah sangat baik dan adanya fitur Nahimic membuat kamu dapat mengatur hasil suara yang dikeluarkan oleh stereo speaker tersebut. 

Konektivitas 

MSI Katana 15 B13V

Untuk konektivitas, MSI Katana 15 B13V sebenarnya sudah cukup lengkap. Di bagian sisi samping kanan, terdapat sebuah port LAN, sebuah port HDMI (support 8K 60 Hz), sebuah port USB 3.2 Gen 1, sebuah USB Type C, dan sebuah port 1x Mic-in/Headphone-out Combo Jack. 

MSI Katana 15 B13V

Sedangkan untuk sisi bagian samping kiri, terdapat port power adapter, sebuah port USB 3.2 Gen 1 dan sebuah sebuah port USB 2. Sayangnya, port USB Type C pada MSI Katana 15 B13V belum mendukung Thunderbolt. Walau begitu, secara fungsionalitas laptop MSI Katana 15 B13V sudah cukup lengkap dan bisa diandalkan.

Layar yang Memanjakan Mata

MSI Katana 15 B13V

MSI Katana 15 B13V memiliki ukuran layar 15.6 inci yang menggunakan panel IPS Level terbaik di kelasnya sehingga memiliki akurasi yang tajam. Layar tersebut juga memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dengan view angle yang luas, sehingga sangat memanjakan mata pengguna dalam berbagai penggunaan. Layar MSI Katana 15 B13V juga memiliki akurasi warna dengan rata-rata 1.4 Delta-E dengan Color Gamut mencapai 65% SRGB. Selain itu, layarnya juga telah memiliki refresh rate hingga 144 Hz yang membuat MSI Katana 15 B13V bisa diandalkan dalam bermain game FPS. 

MSI Katana 15 B13V

Di bagian layar kamu juga bisa menemukan sebuah webcam yang memiliki resolusi HD 720p 30 FPS yang sudah sangat cukup untuk kebutuhan Google Meet atau Zoom Meeting. Bagian layar laptop gaming ini juga bisa terbuka hingga 180 derajat, sehingga sangat membantu untuk kebutuhan presentasi atau lainnya. 

MSI Katana 15 B13V

Spesifikasi Paling Worth It Saat Ini

MSI Katana 15 B13V

Jika kamu sedang mencari laptop gaming yang powerful, maka MSI Katana 15 B13V bisa menjadi jawaban. Pasalnya, MSI Katana 15 B13V menggunakan prosesor yang masih segar di pasaran, yakni Intel Core i7-13620H dengan code name Raptor Lake dengan fabrikasi 10 nm. Prosesor ini juga meiliki 10 core yang terbagi menjadi 6 P-Core dan 4 E-Core dengan total 16 Threads, membuat prosesor ini sangat powerful saat ini yang dimiliki Intel untuk platform prosesor mobile.

Intel Core i7-13620H bahkan memiliki max boost hingga 5.0 GHz dengan nilai level daya 2 (PL2) up to 115 W. Menariknya, prosesor platfom mobile ini juga memiliki integrated GPU, yaitu Intel UHD 770. Di mana iGPU ini sudah memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengolah grafis serta irit daya. 

MSI Katana 15 B13V

Prosesor Intel Core i7-13620H pada MSI Katana 15 B13V juga disandingkan dengan discrete GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 mobile dengan VRAM sebesar 8 GB GDDR6. Ini merupakan GPU laptop kelas atas yang ada saat ini yang menggunakan arsitektur Ada Lovelace dengan fabrikasi 4 nm, di mana GPU mobile terbaru NVIDIA ini memiliki shader sebesar 3072 dengan clock speed hingga 16 Gbps dan memory bus 128 Bit. GPU mobile ini juga memiliki total graphic power (TGP) yang dapat dikonfigurasi antara 35 dan 115 Watt. 

MSI Katana 15 B13V

Selain fitur Ray-Tracing terbaru, NVIDIA GeForce RTX 4060 mobile ini juga memiliki fitur DLSS (Deep Learning Super Sampling) 3 yang menghadirkan teknologi AI terbaru yang dapat memprediksi seluruh frame, bukan hanya piksel. Bahkan teknologi ini dapat meingkatkan framerate beberapa kali lipat dengan menjaga kualitas grafis. 

MSI juga telah menyematkan RAM SODIMM DDR5 dengan kapasitas 16 GB dual channel yang memiliki frekuensi 5200 Mhz guna menemani prosesor dan GPU tersebut di MSI Katana 15 B13V. Asyiknya, kamu juga bisa meng-upgrade kapasitas RAM tersebut hingga 64 GB apabila masih terasa kurang. 

Untuk SKU MSI Katana 15 B13VFK-282ID yang penulis ulas, laptop gaming ini memiliki memori storage berjenis M.2 NVME SSD PCIE Gen 4 sebesar 1 TB. Bahkan bila masih kurang, masih ada slot M.2 tambahan yang bisa kamu manfaatkan. 

Fitur yang Melimpah 

MSI Katana 15 B13V

Sebagai laptop gaming, MSI Katana 15 B13V memiliki sejumlah fitur yang memanjakan penggunanya. Seperti fitur sistem pendingin dengan teknologi terbaru MSI yaitu Cooling Boost 5, yang memiliki total 6 buah heatpipe dengan shared pipe design dan dipadukan dengan dua buah fan untuk membuang hawa panas. Lubang ventilasi pembuangan hawa panas pada laptop gaming ini juga berada di sisi bagian kiri dan belakang, sehingga tidak ada lagi rasa tidak nyaman terkena hawa panas ketika penggunaan menggunakan mouse. 

MSI Katana 15 B13V

MSI Katana 15 B13V juga memiliki konektivitas Wi-Fi 6 dengan speed 2.4 Gbps yang menjamin koneksi lebih baik, namun tentu dengan penggunaan router yang juga mendukung Wi-Fi 6. Selain itu, ada juga Bluetooth 5.2 yang juga akan minim latency

Fitur paling menarik yang ada pada MSI Katana 15 B13V adalah fitur MSI Center, di mana ini merupakan fitur lengkap yang sangat memanjakan pengguna. Bagaimana tidak, lewat MSI Center ada banyak hal yang bisa pengguna nikmati, mulai dari memonitor penggunan, hingga fungsi eksklusif yang hanya ada pada aplikasi tersebut.  

MSI Katana 15 B13V

Lewat MSI Center, kamu bisa memaksimalkan penggunaan berdasarkan skenario penggunaan yang kamu inginkan. Mulai dari gaming, streaming, video editing, dan lainnya. Dengan fitur pintar ini, kamu juga bisa mengatur performa laptop sesuai penggunaan. Apabila kamu membutuhkan performa maksimal, maka secara pintar, MSI Center akan beralih ke mode performa yang memaksimalkan penggunakan teknologi MUX Switch di laptop gaming ini. 

MSI Katana 15 B13V

Nah MUX Switch sendiri merupakan teknologi microchip khusus yang dikembangkan untuk laptop, di mana fungsinya mirip seperti sebuah sakelar yang bisa berpindah dengan mudah dan instant antara mode Microsoft Hybrid Graphics atau discrete graphics mode. 

MSI Katana 15 B13V

Ada juga fitur Nahimic 3 by SteelSeries yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kebutuhan audio sesuai penggunaan. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa mengatur para parameter equalizer, preset dan lainnya. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna mendatkan pengalaman audio yang pintar dan mudah digunakan. 

Uji Performa 

Setelah mengetahui spesifikasi dan semua fitur yang ada, pastinya kamu penasaran seperti apa performa MSI Katana 15 B13VFK-282ID bukan? Nah penulis juga telah melakukan pengujian performa dengan menggunakan beberapa aplikasi dengan beberapa mode yang ada. 

Berikut hasil pengujian MSI Katana 15 B13VFK-282ID yang bisa kamu lihat:

MSI Katana 15 B13V

Dalam pengujian menggunakan 3DMark – Fire Strike Ultra, MSI Katana 15 B13VFK-282ID ini mendapatkan skor 5872. Di mana skor ini cukup baik yang berhasil didapatkan oleh sebuah laptop gaming. Sedangkan untuk pengujian NVIDIA DLSS feature test, NVIDIA GeForce RTX 4060 8 GB GDDR6 di laptop gaming hasilnya juga amat baik, dengan mendapatkan 11.68 FPS untuk DLSS Off dan 57.91 FPS untuk DLSS On. 

MSI Katana 15 B13V

Untuk pengujian Cinebench R23 dengan 12 kali loop selama hampir 10 menit pada ketiga mode yang ada di MSI Center, nampak kalau Intel Core i7-13620H di MSI Katana 15 B13V ini mendapatkan skor Multi Core sekitar 15358 poin. Dari hasil tersebut juga memperlihatkan kalau pada Balance Mode di laptop gaming ini tetap memberikan perfoma yang baik dengan suara fan yang tidak terlalu berisik. Bahkan skor pada Balance Mode ini hanya terpaut 4% saja dari Performance Mode.

MSI Katana 15 B13V

MSI Katana 15 B13V

Pada pengujian render 3D menggunakan Blender untuk model mobil BMW, MSI Katana 15 B13VFK-282ID dapat menyelesaikan hanya dalam waktu 3 menitan saja. Bahkan pengujian menggunakan D5 Benchmark untuk kebutuhan desain visual arsitektur, laptop gaming ini juga mendapatkan waktu render mencapai 5 menit 35 detik dengan 33.40 FPS. 

MSI Katana 15 B13V

Untuk pengujian aplikasi FurMark selama hampir 30 menit dengan resolusi 1024×576 pada pengaturan Balanced Mode, MSI Katana 15 B13VFK-282ID mendapatkan FPS rata-rata sebesar 337 FPS dengan suhu CPU maksimum di 88 Celcius dan suhu GPU maksimum di 80 Celcius. 

MSI Katana 15 B13V MSI Katana 15 B13V

Berikutnya pengujian V-Ray Benchmark, laptop gaming ini juga mendapatkan skor vsamples sebesar 8518, sedangkan untuk V-Ray GPU RTX mendapatkan skor V-Ray sebesar 1724. 

MSI Katana 15 B13V

Selanjutnya M.2 NVME SSD PCIE Gen 4 pada laptop gaming juga memiliki performa yang cukup baik, lewat pengujian CrystalDiskMark 8, memori storage laptop gaming ini mendapatkan Speed Read di atas 3600an MB/s, sedangkan untuk Speed Write-nya mendapatkan 3000-an MB/s. 

MSI Katana 15 B13V

Penulis juga melakukan pengujian Silent Mode, Balanced Mode, dan Performance Mode pada 3DMark – Time Spy menggunakan cooling pad dan tanpa menggunakan cooling pad. Berikut tabel hasilnya:

MSI Katana 15 B13V

Dari chart di atas, nampak kalau terjadi perbedaan antara ketika tanpa menggunakan cooling pad dan menggunakan cooling pad di laptop gaming ini. Tentu ini merupakan opsi yang menarik bagi kamu yang ingin memaksimalkan potensi dari MSI Katana 15 B13V yang sudah memiliki performa powerful. 

Berikut ini juga beberapa hasil pengujian MSI Katana 15 B13VFK-282ID dalam bermain game yang disajikan lewat video di bawah ini:

Hasil Daya Saat Idle 

MSI Katana 15 B13V

Hasil Daya Saat Full Load

MSI Katana 15 B13V

Kesimpulan 

MSI Katana 15 B13V

Melihat spesifikasi dan performa yang ditawarkan, MSI Katana 15 B13V telah menjadi laptop gaming powerful di segmen harga Rp20 jutaan saat ini. Dengan ditenagai prosesor Intel Core i7-13620H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 mobile, membuat laptop gaming ini mampu menjalankan segala jenis game hingga aplikasi render sekalipun. Apalagi MSI juga telah melengkapinya dengan fitur sistem pendingin Cooling Boost 5, sehingga suhu dari prosesor dan GPU tersebut dapat terjaga dengan baik. 

Adanya fitur MSI Center yang memudahkan mengganti mode atau skenario penggunaan dengan hanya satu klik, membuat laptop gaming ini unggul. Hanya saja, ketika mengganti ke Performance Mode, kamu harus menerima konsekuensi suara kipas yang kencang. Namun hal tersebut dapat memberikan performa yang maksimal dalam penggunaan, baik ketika bermain game, sedang me-render video atau visual. 

MSI Katana 15 B13V

MSI Katana 15 B13V juga memiliki build material yang kokoh, sehingga memberikan kepercayaan diri untuk dibawa kemana-mana. Dengan desain hitam polos dan tidak banyak aksen gaming yang gonjreng, laptop gaming ini tentunya sangat cocok bagi kamu gamer mainstream berjiwa minimalis tapi tetap memperhatikan performa yang powerful!

Secara keseluruhan, MSI Katana 15 B13V memang ada beberapa kekurangan, seperti absennya Thunderbolt. Namun karena performa dan harga yang ditawarkan, membuat laptop gaming ini sangat bisa diperhitungkan di segmen harga Rp20 jutaan. Apalagi ada beberapa hal menarik yang mungkin menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli. 

Asyiknya, setiap pembelian laptop gaming ini juga disertakan bonus sebuah tas eksklusif yang punya desain keren! Untuk harga laptop gaming MSI Katana 15 B13VFK-282ID yang penulis ulas, dibanderol dengan harga Rp24.499.000. Untuk informasi lebih lanjut mengenai laptop gaming ini, kamu bisa mengunjungi halaman resmi MSI berikut: 

Gimana, tertarik untuk memiliki laptop gaming MSI Katana 15 B13VFK-282ID ini?