Langkah Mudah Gunakan Monitor Eksternal dengan Laptop Tertutup

Laptop merupakan jenis komputer yang dapat dibawa kemana saja, serta dapat digunakan kapan saja yang diinginkan. Itu karena Laptop tidak membutuhkan kabel dalam mengaktifkan perangkatnya, dikarenakan ia memiliki baterai yang tentunya bisa di charge ketika baterai sudah kosong. Laptop pada umumnya tentu berbentuk kotak, dengan layar serta keyboard beserta dengan mesin cpu-nya.

Penggunaan Laptop tentunya harus dibuka antara layar dengan keyboard pada mesin cpu-nya, sehingga tidak mungkin bisa menyalakan Laptop tanpa membuka Laptop tersebut. Nah itu juga berpengaruh pada penggunaan monitor eksternal, dimana Laptop tertutup akan membuat layar pada monitor eksternal juga tidak menampilkan gambar. Namun tahukah kalian, sebenarnya menggunakan monitor eksternal pada Laptop juga bisa dalam keadaan tertutup. Penasaran? Yuk simak caranya!

Inilah Cara Mudah Menggunakan Monitor Eksternal dengan Kondisi Laptop Tertutup

Menggunakan monitor eksternal pada Laptop tentunya sangat mudah sekali, kalian tinggal mencolokan port monitor eksternal tersebut pada port yang ada di Laptop. Tetapi sayangnya, hal tersebut harus tetap membuat Laptop menyala dan juga terbuka, itu karena Laptop yang tertutup akan membuat sistem Laptop memasuki mode sleep, sehingga Laptop akan mati tanpa bisa digunakan. Nah ketika itu terjadi, maka monitor eksternal pun juga ikut mengikuti layar Laptop tersebut, yaitu gelap layaknya tidak bisa digunakan.

Tetapi tentunya hal-hal yang seperti itu bisa diatasi, sehingga kalian yang menggunakan monitor eksternal bisa menutup layar Laptop kalian agar tidak memakan tempat. Nah bagaimana caranya? Caranya bisa anda ketahui di berikut ini:

  1. Pastikan Laptop menyala dan juga port Laptop serta monitor eksternal sudah terhubung.
  2. Saat sudah ada pada desktop Laptop, maka kalian klik kanan pada ikon baterai, dimana itu biasanya ada pada pojok bawah kanan.
  3. Kemudian kalian tinggal pilih “Power Options”
  4. Pada sisi kanan halaman Power Options, kalian bisa pilih “Choose what closing the lid does”
  5. Selanjutnya pada baris opsi “When I close the lid”, maka kalian pilih “Do Nothing” pada menu yang muncul saat kolom On battery sudah diklik.
  6. Jangan lupa, kalian juga perlu pilih opsi “Do Nothing” pada menu yang muncul saat kolom Plugged in diklik.
  7. Kemudian pada bagian bawah halaman, kalian pilihlah “Save changes”
  8. Selesai, kalian kini dapat menutup bagian layar Laptop kalian tetapi tetap dapat menggunakan monitor eksternal, baik saat laptop mengandalkan daya dari baterai atau terhubung dengan soket listrik yang ada pada terminal listrik.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kalian ikuti dalam mewujudkan penggunaan monitor eksternal dengan kondisi Laptop tertutup. Sebagai tambahan atau saran dari kami, kalian bisa gunakan Laptop dengan kondisi baterai perangkat terhubung dengan soket listrik di dinding saat menggunakan monitor eksternal, sehingga itu nantinya tidak membuat kalian mengkhawatirkan daya baterai Laptop yang habis saat digunakan.

Sekian dari kami semoga bermanfaat bagi kalian semua dan selamat mencoba, serta dapat berhasil untuk dilakukan pada Laptop kalian yang menggunakan monitor eksternal. Selain dari artikel ini, tentunya kami juga memiliki artikel lain yang juga tidak kalah bermanfaat untuk kalian. Seperti membahas tentang teknologi, game, dan lain sebagainya yang tentunya sayang untuk dilewatkan di Jagogame.id