Langkah Mudah Atasi Game Keluar Sendiri di PC Saat Bermain

Ketika gamer bermain game, tentunya tidak ada satupun player yang rela diganggu untuk itu, maka dari itu penting sekali seorang gamers menyelesaikan game mereka dengan cara serta kemauan mereka, hal itu agar mereka dapat puas dan berbangga kepada diri sendiri. Namun ceritanya akan berbeda, jika gamer yang sedang asik bermain game malah diganggu oleh beberapa gangguan.

Nah gangguan saat bermain game itu banyak, mulai dari eksternal seperti gangguan orang lain atau cuaca, dan sebagainya. Sementara gangguan dari internal juga tidak kalah menjengkelkan, seperti lag, bug, hingga keluar sendirinya tanpa sebab. Nah mungkin lag, bug bisa dapat diatasi, tetapi bagaimana dengan game yang keluar sendiri pada perangkat PC? Untuk mengetahui itu dan juga cara mengatasinya, maka kalian bisa simak artikel ini selengkapnya!

Inilah Langkah Mudah Untuk Atasi Game yang Keluar Sendiri Pada Perangkat PC

Restart PC

Dengan melakukan restart PC kalian, maka file sementara yang tersimpan di RAM akan dihapus secara otomatis, sehingga dengan begitu maka beberapa masalah akan teratasi, termasuk masalah game has stopped pada game PC kalian. Setelah melakukan  restart, maka cobalah untuk membuka kembali game yang error atau crash tadi.

Menggunakan “Computer Configuration” 

  1. Cobalah masuk ke “Computer Configuration” dengan cara klik kombinasi tombol Windows+R secara bersamaan. Setelah itu ketikkan “gpedit.msc” lalu klik tombol Enter.
  2. Lalu pilih menu “Computer Configuration” kemudian masuk ke folder “Administrative Templates”. Masuk ke folder “System”, lalu masuk lagi ke folder “Internet Communication Management”.
  3. Lalu pada opsi “Turn off Windows Customer Experience Improvement Program”, klik kanan lalu pilih Edit. 
  4. Di tampilan pop up baru yang muncul, kalian pilih “Enable” lalu pilih “Apply” dan Ok. 

Menggunakan Command Promt

  1. Klik ikon Windows yang ada di pojok kiri bawah layar, lalu ketikkan “cmd” di kolom pencarian. Di cmd, klik kanan lalu pilih “Run as administrator”.
  2. Kemudian ketikkan perintah “Sfc /scannow” kemudian klik Enter tanpa menggunakan tanda petik.
  3. Tunggu sampai prosesnya selesai, sehingga file game yang rusak bisa diperbaiki. Jika saat proses memerlukan CD Windows Installer, maka kalian tinggal memasukkan CD-nya ke PC kalian.

Nonaktifkan Antivirus dan Masuk Folder apk

  1. Cobalah menonaktifkan antivirus dan juga masuk folder apk game yang terjadi crash atau error. Pada program .exe dari game tersebut, lakukan klik kanan lalu pilih “Properties” dan klik “Compatibility”.
  2. Di tampilan pop up baru yang muncul, kalian beri centang pada “Run this program in compatibility mode for”. Selanjutnya klik “Ok”. 
  3. Tunggu selesai, lalu cobalah restart PC kalian dan kembali coba gamenya.

Menghapus Temporary Files

Cobalah kalian hapus temporary files di PC kalian, itu karena dengan melakukan itu dapat bertujuan mempercepat proses membuka aplikasi atau game. Dikarenakan data penggunaannya yang sudah tersimpan sementara di sistem windows. Tapi ada kalanya data yang disimpan kurang lengkap sehingga menyebabkan error. Jadi dengan menghapus kembali temporary files tersebut, maka windows akan menyimpan ulang data penggunaan aplikasinya.

Nah bagaimana caranya? Caranya adalah dengan klik kanan pada local disk C: lalu pilih general. Setelah itu pilih “Disk Clean”, centang semua kemudian pilih “Clean up system files” dan terakhir klik “OK”. Tunggu prosesnya sampai selesai, lalu restart PC kalian.

Jadi itulah cara mudah agar kalian dapat atasi game yang keluar sendiri saat bermain game di PC, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Tentunya kami juga memiliki artikel lain yang juga tidak kalah bermanfaat untuk kalian. Seperti membahas tentang teknologi, game, dan lain sebagainya yang tentunya sayang untuk dilewatkan di Jagogame.id