Laptop, Review, Tekno & Gadget

[REVIEW] ASUS Vivobook Pro 16 OLED (K6602), Laptop Pilihan Para Content Creator

ASUS Vivobook Pro 16 OLED sebuah laptop Creator Series terbaru dari ASUS yang ditujukan para content creator! Laptop dengan model Vivobook Pro 16 OLED K6602 ini hadir ditujukan dan cocok untuk Anda yang bekerja di dunia content creator.

Berbeda dengan pengguna biasa, content creator membutuhkan laptop dengan fitur dan spesifikasi khusus untuk menunjang kebutuhan mereka dalam berkarya. Meski mengusung bodi yang tipis, ringkas, dan ringan, banyak ultrabook yang tidak dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan para content creator. Dari sisi spesifikasi misalnya, ultrabook lebih mengedepankan daya tahan baterai ketimbang performa sehingga kurang mumpuni untuk para content creator yang sehari-hari menjalankan aplikasi kreatif yang menuntut performa tinggi di sebuah laptop.

Selain itu, sebagian besar ultrabook masih mengusung layar berukuran 13 dan 14-inci. Sementara itu, para content creator lebih membutuhkan layar besar beresolusi tinggi karena berpengaruh langsung dengan produktivitasnya. Melalui layar berukuran besar dan beresolusi tinggi, content creator memiliki ruang kerja yang lebih luas sehingga akan lebih leluasa dalam berkarya.

Dan untuk menjawab kebutuhan para content creator akan laptop dengan performa terbaik serta layar kualitas terbaik dengan resolusi tinggi tanpa harus membatasi mobilitas yang disebabkan ukurannya, ASUS punya Vivobook Pro 16 OLED K6602 sebagai jawabannya. Laptop 16 inch dengan layar 3.2K 120Hz yang akan menjadi senjata terbaik para content creator.

Tetap Nyaman untuk Anda yang Mobilitas tinggi

Memang laptop gaming menjadi pilihan favorit para content creator, namun dimensinya yang besar biasanya menjadi salah satu hambatan Anda berkarya di manapun. Meskipun mengusung layar 16 inci yang tergolong besar, namun berkat bobotnya yang tak lebih 2kg atau tepatnya ada di 1,9kg, laptop ini masih tergolong nyaman dibawa kemana pun tanpa harus membebani pundak.

Salah satu rahasia dari ringannya bobot laptop ini ternyata terletak pada bezel layarnya yang sangat tipis. Berkat teknologi NanoEdge Display, laptop ini mampu tampil dengan screen-to-body ratio hingga 87% sehingga otomatis dimensi bodi dapat dikurangi secara drastis.

Selain itu, Vivobook Pro 16 OLED K6602 juga mengusung desain yang modern dengan bodi berbahan metal serta keyboard dengan tampilan yang unik. Keyboard memiliki aksen warna berbeda di bagian tombol ecs sehingga terlihat lebih futuristik.

Di bagian pojok kanan keyboard-nya juga tersemat tombol power yang juga berperan sebagai pembaca sidik jari (fingerprint sensor). Pembaca sidik jari tersebut sudah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga membuat Vivobook Pro 16 OLED K6602 lebih aman.

Layar Besar dengan Resolusi tinggi

Berkat layar 16-inci yang diusungnya, Vivobook Pro 16 OLED K6602 menawarkan ruang kerja yang lebih luas untuk para content creator. Tidak hanya sekadar berukuran besar, Vivobook Pro 16 OLED K6602 juga menggunakan panel layar beresolusi tinggi. Dengan resolusi 3.2K (3200×2000), content creator dapat lebih leluasa berkarya bahkan “bermain” dengan konten beresolusi tinggi.

Apalagi Vivobook Pro 16 OLED K6602 sudah mengususng rasio layar 16:10 yang sangat cocok untuk para content creator karena menyajikan ruang kerja yang lebih lega ketimbang layar 16:9 yang masih banyak digunakan di berbagai laptop.

Tak hanya hadir dengan resolusi yang tinggi, layar ASUS Lumina 16 inci dari laptop ini pun telah hadir dengan refresh rate 120Hz yang menyajikan gerakan yang lebih mulus saat digunakan untuk editing video. Dengan refresh rate 120Hz ini pun Anda juga bisa manfaatkan untuk bermain game di kala Anda sedang jenuh saat berkarya.

Warna yang Kaya dan Akurat Hanya di ASUS Lumina OLED

Laptop yang menggunakan layar ASUS Lumina OLED mampu menampilkan kualitas visual terbaik, bagaimana bisa? Kunci untuk menampilkan kualitas visual terbaik salah satunya ada pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh color gamut. Layar ASUS Lumina OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3.

Artinya, layar ASUS Lumina OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop. DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna yang sangat banyak bukan berarti apa-apa jika warna yang ditampilkan tidak akurat. Di sinilah salah satu keunggulan utama ASUS Lumina OLED, yaitu layar ASUS Lumina OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya.

Tidak tanggung-tanggung, layar ASUS Lumina OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga dapat langsung digunakan bahkan oleh para profesional kreatif yang kegiatan sehari-harinya sangat bergantung pada layar yang memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh ASUS LuminaOLED adalah konsiten dalam menghadirkan kualitas visual. Layar ASUS Lumina OLED dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah.

Tidak tanggung-tanggung, pada tingkat kecerahan hanya 11% pun layar ASUS Lumina OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Konistensi dalam menghadirkan kualitas visual ini sangat penting, apalagi bagi para insan kreatif dan content creator.

Andal untuk Berkreasi

Seperti yang telah kami ungkapkan sebelumnya, content creator membutuhkan laptop yang performanya tinggi, karena Sebagian besar aplikasi kreatif yang mereka gunakan membutuhkan spescifikasi yang tinggi. Apalagi saat berbicara tentang aplikasi pengolahan video, animasi, dan 3D modelling, biasanya aplikasi ini berjalan jauh lebih baik saat menggunakan laptop dengan spesifikasi yang tinggi.

ASUS Vivobook Pro 16 K6602 pun menjawab kebutuhan para content creator, dengan menghadirkan dapur pacu terbaik di kelasnya dengan prosesor Intel® generasi ke-13, Intel® Core™ i9-13900H yang dikombinasikan GPU 4000 series terbaru dari NVIDIA, GeForce RTX 4050.

Berikut ini spesifikasi teknis ASUS Vivobook Pro 16 OLED (K6602) yang kita bahas kalil ini:

Berikut ini hasil pengujian pada beberapa software benchmark yang umum digunakan:

Intel® Core™ i9-13900H processor merupakan CPU kelas high performance yang memiliki 14 Core (6 Performance Core dan 8 Core Efficient Core) dan 20 threads yang memungkin Anda menyelesaikan semua tugas kerja lebih cepat dan kerja multitasking lebih mulus.

Kehadiran GPU RTX 4050 yang merupakan GPU seri generasi terbaru yang sudah mendukung berbagai fitur grafis modern seperti DLSS 3.0 dan RTX real-time ray-tracing tersebut sangat berguna untuk mengakselerasi pemrosesan grafis di banyak sekali skenario penggunaan, mulai dari pengolahan video hingga rendering animasi 3D.

Penyimpanan dan memori di Vivobook Pro 16 OLED K6602 juga diperhatikan oleh ASUS. Sebagai sebuah laptop modern, Vivobook Pro 16X OLED K6602 tentu sudah menggunakan media penyimpanan data berbasis 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD yang super cepat serta memori DDR5 16GB.

Meski hadir dengan NVIDIA Studio driver, tak menghalangi laptop ini untuk menjalankan judul-judul game kenamaan dengan Andal. Game sekelas CyberPunk 2077 pun bisa berjalan dengan baik pada laptop ini, meskipun Anda harus menurunkan resolusi layar ke Full-HD untuk mendapatkan FPS yang nyaman untuk dimainkan.

Konektivitas Lengkap dan Ruang Ekspansi yang Luas

Tak hanya menawarkan performa tinggi, Vivobook Pro 16 OLED K6602 ini juga hadir dengan pilihan konektivitas lengkap, seperti port 1x port Thunderbolt 4® yang memungkinkan ada transfer data super cepat, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display / power delivery, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x RJ45 Gigabit Ethernet, 1x DC-in SD 4.0 card reader Micro SD card reader, yang semuanya akan memudahkan Anda dalam proses berkreasi.

Untuk Anda yang merasa media penyimpanan kurang, tersedia satu buah slot NVMe™ PCIe® 4.0 untuk Anda menambah kapasitas ruang penyimpanan. Dengan design Vivobook Pro 16 OLED K6602 yang besar laptop ini menghadirkan baterai super besar berukuran 96 Whr dan dalam pengujian kami untuk menonton video dapat bertahan selama 8 jam-an.

Kesimpulan

Tak hanya memperluas layar jadi 16 inch, layar 120Hz pada Vivobook Pro 16 OLED K6602 membuktikan bahwa laptop dengan layar besar dan berkualitas membuat leluasa dalam berkarya, performa kencang serta dimensi dan bobot yang ringan memungkinkan Anda tetap produktif saat dibawa bepergian kemana saja.