[REVIEW] Infinix Hot 30, HP Gaming Rp1 Jutaan Kolaborasi dengan Free Fire

Pada tanggal 24 Mei 2023 lalu, Infinix Indonesia telah resmi merilis seri terbaru Hot 30 di Indonesia. Berbeda dengan seri sebelumnya, Infinix Hot 20, seri Hot 30 ini membawa sejumlah pembaruan dan kolaborasi keren dengan Free Fire. Dengan desain yang menawan dan spesifikasi yang menggoda, Infinix Hot 30 berusaha memikat pasar smartphone menengah ke bawah.

Kebetulan penulis mendapatkan kesempatan dari Infinix Indonesia untuk mengulas Infinix Hot 30 Special Free Fire Edition setelah rilis. Setelah menggunakan selama dua minggu, apakah smartphone ini berhasil dalam misi untuk menjadi pendobrak di segmen smartphone gaming sejutaan? Mari simak pembahasannya berikut ini gaes!

Unboxing 

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Infinix Hot 30 kali ini berkolaborasi dengan Free Fire yang hadir dengan box eksklusif berukuran cukup besar. Terliat dengan jelas, pada edisi spesial ini juga menampilkan dua tokoh karakter dari Free Fire yaitu Alvaro dan Kapella. 

Bagian detail pada box terebut juga menjelaskan beberapa hal penting yang menjadi nilai jual dari seri Infinix Hot 30 ini, seperti spesifikasi yang menggunakan chipset MediaTek Helio G88 yang terkenal dapat diandalkan untuk bermain game mobile kekinian dikelasnya. Bahkan Infinix Hot 30 juga disebut telah memiliki fitur NFC yang tentunya menjadi fitur paling dicari oleh anak muda saat ini. 

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Menuju rangkaian isi box besar edisi spesial Free Fire ini, di dalamnya ternyata terdapat beberapa item menarik selain dari box si smartphone Infinix Hot 30 itu sendiri. Di mana pada edisi spesial ini, kamu akan mendapatkan sebuah topi edisi kolaborasi antara Infinix dengan Free Fire yang keren, sebuah phone lanyard eksklusif, satu set stickers dari karakter Alvaro dan Kapella, sim tray ejector pin eksklusif, dan sebuah kartu invitation yang di dalamnya terdapat kode eksklusif yang bisa kamu redeem di Free Fire

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Ini merupakan pertama kali Infinix menjalin kerja sama serius dengan publisher game mobile dengan menghadirkan sejumlah item eksklusif yang bisa dimiliki oleh gamer Free Fire. Sehingga tidak hanya merasakan kehebatan dari seri Hot 30 saja, tapi juga bisa menikmati item eksklusif yang hanya bisa kamu dapatkan pada edisi spesial tersebut. 

Desain Kece

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Seri Hot pada Infinix dikenal sebagai lini gaming budget, tentu hal tersebut terlihat dari desain Infinix Hot 30 yang nampak keluar aura “gaming-nya” karena memiliki frame metal yang membuatnya terasa semakin gahar. Unit Infinix Hot 30 yang penulis coba berwarna Surfing Green, dengan terdapat dua warna lainnya yaitu Racing Black dan Sonic White.

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Pada bagian belakang, bodinya menggunakan material plastik polycarbonate yang dibalut dengan permukaan tekstur paduan matte dan glossy yang halus. Hal ini membuat bodi belakang anti sidik jari dan tidak terasa licin ketika digenggam dengan tangan. Bodi belakang Infinix Hot 30 juga memiliki desain motif yang sangat keren dan bisa merefreksikan pantulan cahaya. 

Untuk dimensi Infinix Hot 30 memiliki tinggi 168,66 mm x lebar 76,61 mm dengan ketebalan 8,4 mm. Sedangkan bobot yang dimiliki smartphone ini sekitar 196 gram, sehingga membuatnya terasa tipis dan ringan pada genggaman tangan. 

Review Infinix Hot 30 Free Fire Review Infinix Hot 30 Free Fire Review Infinix Hot 30 Free Fire Review Infinix Hot 30 Free Fire Review Infinix Hot 30 Free Fire

Di bagian bawah, terdapat port audio jack 3,5 mm, lubang mikrofon, port USB-C, dan juga grill speaker yang berada di sisi kanan. Di bagian kanan, terdapat sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power dan juga tombol volume yang berada di atasnya. Sedangkan slot sim tray berada di sisi kiri, di mana sim tray tersebut hadir dengan konfigurasi hybrid, dual SIM plus MicroSD.

Fitur

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Selain itu, Infinix Hot 30 juga memiliki fitur tambahan yang sangat bermanfaat, seperti Wow Radio yang memungkinkan kamu mendengarkan siaran radio hanya dengan mencolokkan headset di port jack 3,5 mm dan sebuah flash tambahan yang berada di bagian layar. Ini membuat foto selfie menjadi terbantu karena adanya lampu flash tersebut. 

Infinix Hot 30 juga menyertakan beberapa fitur penting yang sangat dibutuhkan oleh pengguna di Indonesia. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah NFC, pembuka kunci sidik jari di sisi ponsel (side fingerprint unlock), dan fitur On-The-Go (OTG). Dengan spesifikasi dan fitur-fitur ini, tidak diragukan lagi bahwa Infinix Hot 30 merupakan pilihan yang tepat bagi para gamers dan pengguna yang membutuhkan ponsel dengan performa tinggi.

Layar yang Memanjakan Mata

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Layar menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Infinix Hot 30. Karena layar smartphone ini menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi Full HD+ berukuran 6,7 inci. Asyiknya, layar ini juga telah mendukung refresh rate 90 Hz! Dengan spesifikasi tersebut, layar Infinix Hot 30 tentunya sangat asyik untuk digunakan ketika untuk men-scroll media sosial atau bermain game FPS, seperti Free Fire atau COD Mobile

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Walau baru menjajal sebentar, layar Infinix Hot 30 mampu memberikan pengalaman refresh rate 90 Hz degan sangat baik. Jika kamu sebelumnya menggunakan layar dengan refresh rate 60 Hz, maka akan terasa perbedaannya. Selain itu, Infinix juga telah membenamkan fitur mode auto yang memungkinkan pengguna tidak perlu repot-repot pindah pengaturan refresh rate yang diinginkan.

Kamera 

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Menuju bagian kamera, pada Infinix Hot 30, kamu akan menemukan konfigurasi dua buah kamera dan empat buah LED flash yang dimuat dalam modul membulat seperti kamera ketiga. Kedua kamera itu masing-masing memiliki resolusi 50 MP dan 0,8 MP (depth sensor). Infinix Hot 30 kini juga terasa lebih segar karena tidak lagi menggunakan modul kamera depan dengan gaya tetesan air (waterdrop), melainkan lebih seperti saudaranya seri Zero 5G yang menggunakan gaya punch hole dengan memuat kamera selfie 8 MP. 

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Bagimana dengan kualitas hasil kamera Infinix Hot 30? Berikut beberapa hasil tangkapan foto yang bisa kamu lihat:

Normal 

Review Infinix Hot 30 Free Fire2x Zoom 

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Normal 

2x Zoom 

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Indoor

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Spesifikasi

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Infinix Hot 30 dipersiapkan sebagai solusi bagi para gamers yang haus akan performa gaming maksimal dikelas 1 jutaan. Untuk itu, Infinix memilih memasukkan chipset MediaTek Helio G88 sebagai otak dari smartphone ini. Chipset yang berada di kelas menengah ini dikenal mampu menjalankan berbagai game mobile populer dengan lancar dan stabil. Helio G88 hadir dengan kecepatan clock yang lebih tinggi dibanding pendahulunya, seri G85 atau G80, yang membantu dalam pengolahan aplikasi dan sistem operasi dengan sangat mulus, mendukung kecepatan refresh rate hingga 90Hz.

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Prosesor octa-core dari Helio G88 mencakup dua CPU Arm Cortex-A75 dengan kecepatan operasional hingga 2.0GHz, yang berkontribusi pada respons yang cepat, waktu loading aplikasi yang minimal, dan pengambilan gambar yang instan. Helio G88 juga mendukung kemampuan fotografi unggul dengan dukungan kamera utama hingga 64MP, mesin kedalaman perangkat keras untuk efek bokeh dual kamera, dan teknologi Camera Control Unit (CCU) serta Electronic Image Stabilization (EIS) dan Rolling Shutter Compensation (RSC) yang memaksimalkan hasil jepretan kamera.

Performa luar biasa Infinix Hot 30 tidak hanya berhenti pada chipsetnya. Infinix memasangkan RAM sebesar 8GB di ponsel ini, yang membantu pengguna dalam melakukan multitasking dengan intensitas tinggi. RAM ini bahkan bisa diperluas hingga 8GB lagi, sehingga total RAM yang ditawarkan Infinix Hot 30 mencapai 16GB.

Pengujian Bermain Game Mobile

Setelah mengujinya dalam beberapa penggunaan, performa prosesor MediaTek Helio G88 yang ada di realme Infinix Hot 30 ternyata cukup mampu untuk menjalankan berbagai game Android, seperti Free Fire, Mobile Legends, Modern Warship, GTA San Andreas, Minecraft, PUBG Mobile, emulator PPSSPP, bahkan Genshin Impact.

Pada saat mencoba game Free Fire, penulis mendapatkan pengaturan grafis Ultra dengan frame rates High. Dengan pengaturan tersebut, penulis tidak merasakan adanya gangguan selama permainan berlangsung di Infinix Hot 30. Sedangkan Mobile Legends, penulis menjajal pengaturan grafis Renda dan refreh rate Tinggi. Hasilnya, dengan pengaturan grafis tersebut penulis tidak menemukan kendala. Namun ketika terjadi war yang sengit, penulis masih agak sedikit merasakan terjadi penurunan frame-rates.

Review Infinix Hot 30 Free Fire Review Infinix Hot 30 Free Fire Review Infinix Hot 30 Free Fire Review Infinix Hot 30 Free Fire

Selanjutnya pada Modern Warship dengan pengaturan grafis Ultra, water quality Ultra, dan pengaturan refresh rate hingga 90 fps, serta menggunakan kapal IJN Yamato yang dikenal membutuhkan pengolahan grafis yang berat saat melakukan serangan, anehnya Infinix Hot 30 bisa mengatasinya dengan cukup baik. Meski masih ada penurunan frame rate, tapi gameplay tetap bisa dinikmati. 

Untuk Minecraft, pengaturan grafis yang direkomendasikan adalah 12 chunks dengan maksimum frame rate hingga 80 fps. Dengan begitu, gameplay Minecraft pada Infinix Hot 30 akan terasa sangat nyaman dimainkan. Namun kamu bisa memaksikalkan kualitas grafis hingga 22 chunks, tapi sudah pasti terjadi penurunan frame rate yang membuat gameplay kurang nyaman. 

Berikutnya pada GTA San Andreas, Infinix Hot 30 dapat berjalan cukup baik dengan pengaturan visual effects High dengan refrections Low. Alhasil, gameplay yang disuguhkan masih terasa amat lancar, baik saat gameplay maupun ketika cutscenes. 

Terakhir, Infinix Hot 30 juga sudah cukup mampu menjalankan sejumlah game pada emulator PPSSPP. Penulis mengujinya dengan memainkan game God of War: Ghost of Sparta dengan rendering resolution 2x PSP, hasilnya game tersebut dapat berjalan dengan baik di smartpone ini. 

Baterai Tahan Lama dan Pengisian Cepat

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Walau bodi Infinix Hot 30 tipis, kapasitas baterainya tergolong besar di 5,000 mAh. Untuk penggunaan sehari-hari yang cukup intensif, baterai tersebut sanggup digunakan sampai satu hari penuh, dan seringkali lebih. Tentunya bakal lebih tahan lama bila ikut memanfaatkan beberapa fitur tambahan, seperti Power Boost yang sangat bergua. Selain itu, pengisian daya 33 Watt pada Infinix Hot 30 ini membuat daya baterai dapat terisi penuh 100% hanya dalam 70 menit dengan cepat dan aman. 

Kesimpulan 

Review Infinix Hot 30 Free Fire

Secara garis besar, lima key point selling yang diunggulkan pada kotak belakang Infinix Hot 30, di antaranya; prosesor MediaTek G88, layar Ultra Smooth 90 Hz 1080p berukuran 6,78 inci, 33 Watt Fast Charge, dan baterai 5000 mAh, desain tipis dan segar, serta fitur dynamic RAM hingga 16 GB. Namun ternyata ada banyak hal yang ditawarkan pada hp ini selain kelima key point selling tersebut. Salah satunya seperti fitur NFC hingga kolaborasi dengan Free Fire yang membuatnya terasa seperti bukan smartphone di harga Rp1 jutaan.

Bahkan Infinix Hot 30 juga telah memiliki stereo speaker dengan kedua speaker terpisah terpasang langsung di smartphone ini: satu untuk saluran suara kiri, dan satu lagi untuk kanan. Bahkan kualitas audio di smartphone ini ternyata sangat menggelegar ketika kamu menaikkan volume hingga penuh. 

Dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan membuat Infinix Hot 30 terasa value for money. Bagaimana tidak, smartphone gaming 1 jutaan ini sudah sangat mumpuni untuk menjalankan sejumlah game mobile populer, foto-foto untuk kebutuhan sosial media, dan daya tahan baterai yang awet dan pengisian yang cepat. 

Bahkan layarnya yang sudah ultra smooth 90 Hz serta desain tipis dan bobot yang ringan, ditambah daya baterai besar. Membuat Infinix Hot 30 layak untuk menjadi pilihan bagi kamu yang mencari smartphoen dengan budget 1 jutaan!