Peripheral, Review, Tekno & Gadget

[REVIEW] JBL Quantum TWS Air Earbuds, Si Kecil yang Cocok Banget untuk Gamer

JBL, selama ini dikenal sebagai penyedia audio berkualitas tinggi bagi para gamer, kembali hadir dengan inovasi terbaru: Quantum TWS Air earbuds. Dengan bentuk yang lebih kompak dan ringan, earbuds ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan audio kamu saat bermain game maupun aktivitas sehari-hari. Desainnya yang elegan dengan charging case horizontal memberikan nuansa berbeda dan praktis saat digunakan. Ditambah dengan kabel pengisian USB-C yang cepat, membuatnya semakin menonjol di antara produk sejenis.

Tidak hanya itu, aplikasi JBL yang disertakan memastikan kamu mendapatkan pengalaman audio yang fleksibel dan sesuai selera. Meskipun menawarkan banyak keunggulan, apakah JBL Quantum TWS Air mampu memenuhi ekspektasi, terutama dalam kualitas suara? Mari kita telusuri lebih lanjut dalam ulasan berikut ini.

Unboxing JBL Quantum TWS Air Earbuds

  • Quantum TWS Air earbuds
  • USB Wireless Dongle
  • Charging Case
  • 3 ukuran ear tips
  • Kabel pengisian Type-C USB
  • Kartu Garansi/Peringatan
  • Panduan Penggunaan dan Lembar Keamanan

Saat membuka kotak JBL Quantum TWS Air earbuds, kamu akan disambut dengan desain yang rapi dan fungsional. Dalam paket, terdapat earbuds itu sendiri, disertai dengan USB Wireless Dongle yang memudahkan koneksi dengan berbagai perangkat. Ada juga Charging Case yang didesain horizontal, memberikan kemudahan saat diletakkan dan dibuka di meja. Untuk kenyamanan penggunaan, JBL menyertakan tiga ukuran ear tips yang dapat dengan mudah dipasang atau dilepas sesuai ukuran telinga kamu.

Salah satu kelebihan lainnya adalah adanya kabel pengisian Type-C USB yang mendukung pengisian cepat saat baterai earbuds habis. Selain itu, kamu akan menemukan kartu garansi, lembar peringatan, dan panduan singkat produk. Meskipun paket unboxing-nya stkamur untuk earbuds, JBL menunjukkan komitmennya dalam memberikan kenyamanan dan kualitas dengan detail yang diperhatikan.

Desain JBL Quantum TWS Air Earbuds: Elegan dan Fungsional

JBL Quantum TWS Air earbuds hadir dengan desain yang menggabungkan estetika dan fungsionalitas. Warna hitam yang mendominasi memberikan kesan elegan, mencerminkan karakteristik desain JBL yang minimalis namun tetap menarik. Uniknya, charging case dari earbuds ini didesain dengan orientasi horizontal, berbeda dengan desain vertikal yang lebih lazim di industri. Keunggulan dari pendekatan horizontal ini adalah kemudahannya saat diletakkan di meja, membuatnya stabil dan memudahkan saat membuka atau menutup case.

Interior dari charging case dibuat dengan simetri yang memuaskan, dengan tempat khusus untuk earbuds dan slot khusus untuk dongle. Desain ini menjamin bahwa earbuds dan dongle kamu akan selalu rapi dan terlindungi. Selain itu, port pengisian yang terletak di bagian belakang, tepat di bawah engsel, memungkinkan case dapat tetap terbuka saat sedang diisi daya, memberikan akses mudah ke earbuds kapan saja.

Dalam paket, JBL menyediakan tiga ukuran ear tips yang mudah dipasang dan dilepas, memberikan opsi kenyamanan sesuai dengan ukuran telinga pengguna. Earbuds ini dirancang untuk kenyamanan penggunaan jangka panjang. Desain ini, dikombinasikan dengan fitur-fitur pintar lainnya, membuat JBL Quantum TWS Air earbuds menjadi pilihan yang menawan baik dari sisi tampilan maupun fungsionalitas.

Kualitas Suara JBL Quantum TWS Air Earbuds: Klaritas dan Daya

Dalam dunia audio, kualitas suara seringkali menjadi penentu utama dalam memilih perangkat. JBL Quantum TWS Air earbuds, dengan harga sekitar di bawah Rp2 juta, menawarkan pengalaman dengar yang memuaskan dan sesuai dengan harapan. Suara yang dihasilkan sangat jernih dengan bass yang kuat dan memukau, menunjukkan kualitas yang khas dari JBL.

Salah satu hal yang menonjol adalah kemampuannya dalam menyampaikan detail suara, terutama suara-suara halus atau ambient yang sering kali terlewatkan oleh earbuds lain. Sebagai contoh, ketika bermain game seperti Overwatch dan Valorant, suara langkah kaki pemain yang menjadi petunjuk penting dapat didengar dengan sangat jelas. Ini bukan hanya meningkatkan pengalaman bermain game, tetapi juga menunjukkan sensitivitas dan kualitas driver audio yang digunakan oleh JBL.

Fitur lain yang menjadi bintang dalam earbuds ini adalah noise cancellation dan mode Ambient Aware. Dengan sekali ketuk, kamu bisa beralih antara kedua mode ini. Kemampuan noise cancellation yang efektif menjadikan earbuds ini tidak hanya alat bantu bermain game, tetapi juga pendamping setia dalam rutinitas sehari-hari, seperti bepergian dengan transportasi umum yang berisik. Kualitas suara yang konsisten, baik saat bermain game maupun mendengarkan musik, membuktikan komitmen JBL dalam memberikan pengalaman mendengar yang terbaik bagi penggunanya.

Dukungan Aplikasi JBL Headphone untuk JBL Quantum TWS Air Earbuds

Salah satu keunggulan JBL Quantum TWS Air earbuds adalah dukungannya dengan aplikasi JBL Headphone di perangkat mobile. Saat pertama kali menghubungkan earbuds ke ponsel, pengguna akan mendapatkan prompt untuk mengunduh aplikasi ini, memberikan pengalaman penggunaan yang lebih intuitif dan kaya fitur. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi earbuds sesuai keinginan. kamu dapat dengan mudah beralih antara mode audio dan mode gaming, mengatur equalizer sesuai selera, dan bahkan mengubah perintah suara. Fitur tambahan seperti “Find My Buds” juga disediakan, walaupun semoga kamu tidak perlu menggunakannya!

Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan pengguna dalam mengatur ketukan pada earbuds, seperti memutar atau menghentikan musik, walaupun terkadang ada sedikit kendala dalam mendeteksi ketukan gkamu. Secara keseluruhan, aplikasi JBL Headphone meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan penggunaan JBL Quantum TWS Air earbuds, menjadikannya lebih dari sekedar earbuds biasa.

Test Gaming dengan JBL Quantum TWS Air Earbuds

Ketika diuji dalam berbagai sesi gaming, JBL Quantum TWS Air earbuds menunjukkan performa yang cukup impresif. Dari pengalaman pribadi penulis dengan produk audio JBL sebelumnya, ekspektasi tinggi terhadap earbuds ini tidak mengecewakan. Ketika digunakan dalam game seperti “Starfield” di PC, kualitas suara lingkungan dan efek senjata disajikan dengan seimbang. Bahkan, dalam game dengan atmosfer suara yang mendalam seperti “Doom Eternal” di PC, earbuds ini mampu menyajikan detil suara yang kaya.

Energi audio yang dihasilkan terasa hidup, dominan di rentang menengah namun tetap memberikan dampak bass yang kuat dan frekuensi tinggi yang cerah. Ketika dihubungkan melalui koneksi 2.4GHz di Nintendo Switch, PS5, dan PC, respon suara sangat jelas dan definisi audio terjaga dengan baik. Namun, ada sedikit kendala saat menggunakan koneksi Bluetooth; adanya lag yang lebih panjang dari koneksi Bluetooth lainnya. Misalnya, saat bermain CS:GO dan “High on Life” di PC, terjadi penundaan suara yang cukup signifikan, meski lebih ringan saat digunakan di Nintendo Switch.

Kesimpulannya, untuk pengalaman gaming terbaik dengan JBL Quantum TWS Air earbuds, sebaiknya gunakan koneksi 2.4GHz dan hindari koneksi Bluetooth jika ingin respons audio yang cepat dan akurat.

Kesimpulan

JBL Quantum TWS Air earbuds menawarkan lebih dari sekedar earbuds gaming biasa. Dengan desain elegan dan fitur yang mendukung kenyamanan, earbuds ini juga menampilkan kualitas suara yang memukau untuk harganya. Kemampuannya untuk menangkap detail suara halus dalam permainan menambah nilai lebih, sementara dukungan aplikasi JBL Headphone memperkaya pengalaman pengguna dengan kustomisasi yang luas.

Namun, tak lepas dari kekurangan, terutama saat menggunakan koneksi Bluetooth yang mengalami lag. Meskipun demikian, dengan koneksi 2.4GHz, earbuds ini mampu menampilkan performa audio yang cepat dan akurat. Selain itu, fitur seperti noise cancellation dan Ambient Aware menjadikannya sebagai pilihan yang tepat tidak hanya untuk gaming, tetapi juga untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk harga Rp1,599.000 yang di tawarkan, JBL Quantum TWS Air earbuds merupakan investasi yang layak bagi mereka yang mencari earbuds multifungsi dengan kualitas suara yang tak perlu diragukan lagi. Sebuah kombinasi dari desain, fitur, dan performa yang solid.