PC, Review

[REVIEW] WD Black SN770M 2230 SSD, SSD Overkill untuk UMPC Kesayangan Kamu

Solid State Drive (SSD) telah menjadi komponen kunci dalam perkembangan teknologi UMPC yang mengesankan. Dengan kemampuan untuk menyimpan dan mengakses data dengan kecepatan tinggi tanpa pergerakan fisik, SSD telah menggantikan hard drive konvensional sebagai pilihan utama untuk perangkat UMPC. Salah satu SSD terkemuka yang telah mendapatkan popularitas di kalangan pengguna UMPC adalah WD Black SN770M 2230 SSD.

WD Black SN770M 2230 SSD menawarkan sejumlah fitur yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik. Salah satunya adalah kecepatan baca dan tulis yang mengesankan, sehingga pengguna UMPC dapat dengan mudah mengakses aplikasi dan file mereka dengan cepat. Hal ini sangat penting saat bermain game atau bekerja dengan aplikasi berat di perangkat UMPC, karena SSD WD Black SN770M memastikan kinerja yang mulus dan responsif.

Selain itu, SSD ini juga dirancang dengan kapasitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan pengguna UMPC. Dengan kapasitas yang cukup besar, pengguna dapat menyimpan banyak file, dokumen, dan media tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Ini adalah aspek penting karena UMPC sering digunakan oleh gamer yang sering bepergian dan ingin terus memainkan koleksi game-game mereka.

Selain kecepatan dan kapasitas, WD Black SN770M 2230 SSD juga memiliki daya tahan yang tinggi dan efisiensi energi. Ini berarti pengguna UMPC dapat mengandalkan SSD ini untuk tetap berfungsi dengan baik dalam situasi yang paling menuntut sekalipun, sambil menghemat daya baterai yang berharga.

Era digital telah membawa perkembangan teknologi UMPC yang luar biasa, dan SSD seperti ini adalah salah satu alasan utama mengapa perangkat ini semakin populer. Dengan SSD WD Black SN770M, pengguna UMPC dapat menjalankan aplikasi, game, dan tugas kantor mereka dengan lancar dan efisien, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mobilitas tinggi dan produktivitas.

Nah seperti apa kehebatan WD Black SN770M 2230 SSD? Sebelum beli yuk simak ulasan berikut ini gaes.

ROG Ally: UMPC yang Populer

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang SSD WD Black SN770M, penting untuk mengenal UMPC populer saat ini, salah satunya yaitu ROG Ally. ROG Ally adalah sebuah konsol game portabel yang telah memukau banyak penggemar gaming. Perangkat ini menawarkan pengalaman gaming Full HD yang luar biasa, mendukung game AAA terbaru, dan memiliki desain ergonomis dengan bobot yang ringan. Namun, seperti banyak UMPC lainnya, kapasitas penyimpanan bawaan ROG Ally terbatas hanya 500 GB. Hal ini seringkali menjadi kendala bagi para pengguna yang menginginkan fleksibilitas dalam menyimpan banyak game dan konten multimedia.

WD Black SN770M 2230 SSD: Solusi Penyimpanan yang Ideal

Western Digital telah menghadirkan solusi penyimpanan yang ideal dengan SSD WD Black SN770M, yang memenuhi kebutuhan penyimpanan besar dan performa tinggi di perangkat UMPC seperti ROG Ally. SSD ini adalah drive 2230 premium pertama dari Western Digital yang dirancang khusus untuk perangkat portabel high-end dengan faktor bentuk 2230, termasuk Microsoft Surface Pro.

Kecepatan luar biasa adalah salah satu keunggulan utama dari SSD ini, berkat teknologi M.2, PCIe 4.0 x4 yang digunakan. Dengan kontroler internal Sandisk dan NAND TLC berlabel Sandisk 112-layer yang sama dengan SSD SN770, WD Black SN770M menjadi salah satu SSD tercepat yang tersedia di pasaran. Meskipun kompatibel mundur dengan PCIe 3.0, perlu diingat bahwa kinerja SSD ini akan terbatas pada tingkat PCIe 3.0 jika digunakan pada perangkat yang mendukung PCIe 3.0.

Selain kecepatan yang mengesankan, WD Black SN770M juga menawarkan daya tahan yang baik dan efisiensi energi yang membuatnya cocok untuk penggunaan di perjalanan. Dengan kapasitas penyimpanan yang memadai, pengguna UMPC dapat dengan mudah menyimpan banyak file, dokumen, dan media tanpa khawatir tentang kehabisan ruang penyimpanan.

SSD WD Black SN770M adalah pilihan yang sangat baik untuk mereka yang membutuhkan performa tinggi dan kapasitas besar dalam perangkat portabel mereka. Dengan teknologi terkini dan kehandalan Western Digital, pengguna dapat menjalankan aplikasi dan tugas mereka dengan lancar dan efisien di era digital yang terus berkembang ini.

Fitur Utama WD Black SN770M

Salah satu fitur utama yang membuat WD Black SN770M menonjol adalah desain DRAM-less dengan HMB (host memory buffer). Ini memerlukan perangkat yang menggunakan SSD ini untuk mendukung teknologi HMB dan menyediakan memori untuk caching. Keberadaan HMB ini berperan penting dalam meningkatkan kinerja tulis yang optimal. Fitur ini sangat berarti untuk memastikan kinerja yang konsisten dan responsif, terutama saat melakukan tugas-tugas yang memerlukan kecepatan tinggi seperti booting sistem operasi, membuka aplikasi, dan mentransfer data besar.

WD Black SN770M dengan desain DRAM-less ini memungkinkan pengguna UMPC untuk tetap berkinerja tinggi dalam situasi yang menuntut, sambil menghemat daya dan ruang fisik yang berharga. Dengan demikian, SSD ini memberikan solusi penyimpanan yang efisien dan andal bagi mereka yang menginginkan kinerja yang prima dalam perangkat UMPC mereka, seperti ROG Ally.

Kelebihan WD Black SN770M

Salah satu kelebihan utama dari WD Black SN770M adalah kemampuannya untuk membawa teknologi TLC ke dalam drive 2230 dengan kapasitas 2TB. Hal ini sangat penting karena perangkat portabel umumnya memiliki ruang yang terbatas dan daya baterai yang terbatas. Dengan SSD single-sided seperti SN770M, pengguna dapat memaksimalkan ruang penyimpanan yang tersedia dalam perangkat mereka tanpa harus mengorbankan performa.

Meskipun ada beberapa kompromi, seperti konsumsi daya yang lebih tinggi dan produksi panas yang lebih besar dibandingkan dengan SSD QLC, kelebihannya melebihi kekurangan tersebut. Pengguna UMPC seperti pemilik ROG Ally akan menghargai kapasitas besar dan performa tinggi yang ditawarkan oleh SSD ini, terutama ketika mereka ingin menjalankan game AAA terbaru atau tugas berat lainnya.

Spesifikasi dan Kinerja

WD Black SN770M membanggakan spesifikasi dan kinerjanya yang mengesankan. SSD ini menawarkan kecepatan baca dan tulis sekuensial hingga 5,150 MB/s dan 4,900 MB/s, serta IOPS baca dan tulis acak mencapai 740K/800K. Hal ini menjadikannya salah satu pilihan terbaik untuk pengguna yang menginginkan performa tinggi dalam perangkat UMPC mereka.

Meskipun terdapat penurunan kinerja dalam hal tulisan sekuensial dan IOPS baca acak karena penggunaan dies yang lebih padat, SSD WD Black SN770M masih memiliki keunggulan dibandingkan dengan alternatif menggunakan teknologi QLC. Dengan demikian, pengguna akan dapat menikmati waktu loading yang lebih cepat, booting sistem yang lebih singkat, serta respons yang lebih responsif dari aplikasi dan game yang mereka jalankan. Ini adalah berita baik bagi mereka yang mengutamakan performa dalam pengalaman penggunaan perangkat UMPC mereka.

Selain performanya yang mengesankan, semua model SSD WD Black SN770M didukung oleh garansi lima tahun, memberikan kepercayaan tambahan kepada pengguna tentang keandalan produk ini.

Berikut adalah hasil pengujian dari WD Black SN770M 2230 SSD yang bisa kamu lihat:

Benchmark CrystalDiskMark 8.0.4 pada WD Black SN770M 2230 SSD:

Benchmark CrystalDiskMark 8.0.4 pada Bawaan ROG Ally 500 GB:

Dukungan Perangkat Lunak dan Harga

WD menyertakan dua perangkat lunak penting untuk mendukung penggunaan SSD ini, yaitu Western Digital Dashboard dan Acronis True Image. Western Digital Dashboard memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengelola SSD mereka dengan mudah, sementara Acronis True Image dapat digunakan untuk membuat cadangan data yang aman dan melakukan migrasi sistem dengan cepat.

Namun, perlu diingat bahwa harga WD Black SN770M 2230 SSD dapat menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan. Harga sekitar Rp3.4 jutaan untuk versi 2TB, yang merupakan varian terbesar dari SSD ini, mungkin tergolong mahal dibandingkan dengan alternatif desktop yang lebih ekonomis. Meskipun begitu, harga tersebut sebanding dengan kinerja dan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan oleh SSD ini, terutama jika digunakan dalam perangkat high-end seperti ROG Ally.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, SSD WD Black SN770M adalah pilihan berlebihan yang sangat baik untuk UMPC dan perangkat gaming portabel lainnya. Dengan kinerja yang tinggi, kapasitas penyimpanan yang besar, dan dukungan perangkat lunak yang solid, SSD ini adalah investasi yang baik bagi mereka yang mencari kinerja terbaik untuk perangkat mereka. Meskipun ada beberapa kompromi dalam hal konsumsi daya dan produksi panas, kelebihan yang ditawarkan oleh SN770M jauh lebih besar daripada kekurangan tersebut. Ini menjadikan SSD ini sebagai pilihan yang tepat bagi pengguna UMPC yang menginginkan penyimpanan yang luas dan performa tinggi, seperti pemilik ROG Ally yang ingin menikmati gaming AAA terbaru dengan lancar dan tanpa hambatan.