Tips dan Trik Asus ROG Ally: Tingkatkan Pengalaman Menggunakan Console Handheld

ASUS ROG Ally adalah sebuah konsol handheld yang kuat, dan dengan berbagai fitur ini, kamu dapat mendapatkan pengalaman bermain game yang berbeda dibandingkan pada console maupun PC. Jika kamu sudah memiliki ASUS ROG Ally, sebagai pemula pasti akan cukup bingung bagaimana agar bisa memaksimalkan penggunaannya. Sebagai perangkat serbaguna dengan banyak fitur menarik, kamu ternyata dapat melakukan beberapa hal pada ROG Ally agar mendapatkan lebih banyak pengalaman penggunaan dibandingkan dengan pengaturan default.

Apa saja? Mari kita bahas beberapa hal terbaik yang dapat kamu lakukan dengan ROG Ally untuk membuat pengalaman bermain lebih menyenangkan.

1. Perbarui Armoury Crate

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah meluncurkan ASUS Armoury Crate SE dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia.

Di sebelah kanan ROG Ally, terdapat tombol dengan logo ROG. Sentuh tombol tersebut, dan itu akan membuka Armoury Crate. Kemudian, ketuk Konten di bagian atas layar. Klik periksa pembaruan dan unduh serta terapkan pembaruan yang ada.

2. Mengetahui Semua Shortcut

ROG Ally adalah perangkat bagus, tetapi sistem operasi Windows 11 kurang ideal untuk pengalaman layar sentuh. Untungnya, ASUS telah membuat hidup kamu lebih mudah, dengan beberapa shortcut yang berguna tapi sayangnya jarang diketahui oleh penggunanya.

Di bagian belakang ROG Ally terdapat dua tombol (dikenal sebagai tombol makro). Jika kamu menekan tombol-tombol ini bersama dengan tombol lain, kamu dapat melakukan beberapa tindakan cepat, di antaranya:

  • Makro + D-pad atas: Tampilkan keyboard virtual
  • Makro + D-pad bawah: Buka Task Manager
  • Makro + D-pad kiri: Tampilkan Desktop
  • Makro + D-pad kanan: Task Viewer
  • Makro + A: Ambil tangkapan layar
  • Makro + B: Tampilkan Pusat Notifikasi Windows
  • Makro + X: Mode Proyeksi
  • Makro + Y: Mulai Perekaman

Tombol shortcut ini sangat berguna jika kamu berada dalam game dan ingin kembali ke desktop Windows atau beralih antara berbagai aktivitas lainnya.

3. Menggunakan Keyboard Virtual

Selain tombol shortcut, ada juga Command Center. Tekan tombol segitiga di sisi kiri layar, dan itu akan memunculkan Command Center, memberi kamu akses cepat ke berbagai pengaturan.

Salah satu di antaranya adalah keyboard virtual, yang sangat membantu. Kamu mungkin akan menemukan bahwa ketika mencoba memasukkan kata sandi, misalnya, keyboard tidak muncul, jadi tips ini bisa membantu.

Ketika keyboard terbuka, kamu dapat mengatur posisinya di layar dan mengubahnya melalui berbagai mode. Kami suka pengaturan “tradisional”, yang membuatnya seperti keyboard standar, lengkap dengan sebagian besar tombol yang biasa digunakan. Kemudian kamu dapat menggunakan shortcut Windows seperti ALT+Tab, CTRL+Shift+Del, dan lainnya.

Jika kamu membuka Armoury Crate itu sendiri, kamu juga dapat mengatur tombol mana yang muncul di Command Center untuk memberi lebih akses mudah ke berbagai fungsi.

4. Hubungkan dengan Perangkat Bluetooth

ROG Ally adalah perangkat yang canggih. Ia memiliki pengaturan cerdas untuk beralih antara berbagai mode kontrol tergantung pada apa yang kamu lakukan. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan kontrol untuk game-game tertentu melalui Armoury Crate, yang sangat berguna jika perlu menyesuaikan kontrol untuk berbagai game.

Namun, sebagai perangkat Windows, kamu juga memiliki opsi untuk menghubungkan beberapa perangkat Bluetooth. Menghubungkan keyboard dan mouse Bluetooth ke konsol ini mudah dilakukan, dan kamu akan memiliki kontrol yang lebih mudah diakses untuk game-game tertentu atau tugas produktivitas.

  • Tekan tombol start Windows.
  • Ketik pencarian untuk pengaturan Bluetooth.
  • Ketuk untuk membukanya.
  • Ketuk “Tambah perangkat” dan biarkan perangkat mencari.
  • Sementara itu, aktifkan mode pasangan Bluetooth pada perangkat Anda.
  • Hubungkan perangkat Anda, dan Anda siap bermain.

5. Sesuaikan Pengaturan untuk Meningkatkan Daya Tahan Baterai

ROG Ally merupakan perangkat gaming yang hebat dan kamu mungkin ingin meningkatkan pengaturannya ke pengaturan maksimum untuk memaksimalkan tampilan 1080p dengan layar 120Hz. Namun, hal ini akan berdampak pada daya tahan baterai, tapi itulah yang harus diterima dengan mesin handheld bertenaga tinggi. Bang Jago akan merekomendasikan untuk memainkannya dengan kabel jika kamu ingin kinerja maksimal tanpa kekecewaan.

Namun, jika kamu menginginkan daya tahan baterai yang lebih baik, coba tips berikut:

  • Di Windows, buka Command Center.
  • Aktifkan AMD RSR.
  • Setel mode operasi ke mode kinerja 15W.
  • Ubah resolusi menjadi 720p.
  • Atur tingkat penyegaran menjadi 60Hz.
  • Kemudian, saat Anda memuat game Anda:
  • Beralih ke pengaturan video/grafis dan atur resolusi menjadi 720p.
  • Batasi frame rate menjadi 60 FPS.
  • Aktifkan AMD FSR atau gunakan Intel XeSS jika pengaturan ini ada.

Bang Jago menemukan bahwa pengaturan ini membantu meningkatkan daya tahan baterai dalam beberapa game yang lebih intensif. Jika kamu memainkan game indie atau game yang kurang intensif, Anda dapat mencoba mengatur mode operasi menjadi 9W mode diam.

Bahkan Bang Jago juga menemukan bahwa hal ini dapat membantu ROG Ally berjalan selama dua setengah jam saat bermain game, tetapi ini benar-benar mengurangi FPS pada game-game yang punya grafis tinggi, jadi sebaiknya kamu bisa mencoba-coba dengan pengaturan ini.

6. Upgrade Memori Penyimpanan

ROG Ally memiliki jumlah penyimpanan internal yang cukup, yakni sebesar 512 GB. Namun penyimpanan internal tersebut juga dapat ditingkatkan dengan mudah. Dengan ukuran game terkini yang punya file besar, kamu mungkin masih merasa cepat habis ruang penyimpanan dan membutuhkan lebih banyak ruang.

Tidak masalah, karena kamu dapat meng-upgrade dengan menambahkan kartu microSD. Namun Bang Jago sarankan untuk meng-upgrade SSD karena dalam beberapa kasus, microSD yang terpasang di ROG Ally kebanyakan bermasalah karena kepanasan. Sehingga upgrade SSD lmenjadi solusi yang lebih baik.

7. Login dengan Sidik Jari 

ROG Ally mendukung Windows Hello, yang berarti kamu dapat menggunakan sidik jari Anda untuk masuk ke Ally Anda. Windows memungkinkan kamu untuk menetapkan PIN untuk masuk, tetapi kamu juga dapat mengatur agar dapat memindai jari di tombol daya untuk masuk.

Jika kamu menggunakan Ally Anda saat bepergian, penting untuk mengamankan perangkat ini, sehingga orang lain tidak dapat membobolnya jika terjadi hal buruk.

8. Tethering dengan Ponsel

ROG Ally adalah konsol yang praktis karena portabilitasnya. Umur baterainya tidak luar biasa, tetapi Anda masih dapat menggunakannya saat berada jauh dari rumah. Tentu saja, kamu dapat menggunakan Steam dalam mode offline, tetapi beberapa game memaksa untuk bisa terhubung dengan server. Sehingga mau tidak mau ROG Ally harus terhubung dengan internet. Solusi dari Bang Jago adalah denga melakukan tethering menggunakan ponsel.

9. Rasakan Pengalaman Bermain Menggunakan Dock

Jika kamu tidak ingin repot-repot dengan masalah baterai dan lebih suka bermain di layar besar, maka kamu mungkin harus mengeluarkan sedikit lebih banyak uang untuk ROG Gaming Charger Dock. Dock ini memiliki dukungan HDMI 2.0 dan dilengkapi dengan port USB-A untuk koneksi mouse dan keyboard. Ini juga dilengkapi dengan adaptor daya 65 watt sehingga dapat dengan mudah menghubungkannya ke TV dan bermain lebih lama di layar yang lebih besar.

Itu dia beberapa tips agar bisa memaksimalkan pengalaman bermain ROG Ally. Jangan lupa pantai Jagogame.id untuk informasi tips dan trik lainnya ya!