Review, Tekno & Gadget

[REVIEW] ASUS Marshmallow MD100, Mouse Ringan yang Stylish

Saat ini, industri laptop menunjukkan tren peningkatan ukuran touchpad. Alasannya jelas, yaitu untuk memberikan kenyamanan pengguna dalam mengoperasikan laptop dan menggerakkan kursor di layar dengan lebih leluasa.

Namun, bukan hanya soal ukuran, touchpad modern kini juga dilengkapi beragam fitur inovatif. Hal ini dimaksudkan untuk memberi pengalaman yang lebih intuitif, seperti mengenali gestur dua atau tiga jari, drag and drop, hingga klik kanan. Lantas, apakah touchpad ini mampu menggantikan peran mouse? Jawabannya relatif.

Bagi beberapa orang, penggunaan mouse saat beraktifitas dengan laptop terasa lebih efisien dan membuat mereka lebih produktif. Sebagai salah satu brand laptop terkemuka di Indonesia, Asus mengerti hal ini dan terus berinovasi dalam menyediakan aksesori pendukung. Baru-baru ini, Asus meluncurkan produk mouse terbaru mereka, yaitu ASUS Marshmallow MD100 Portable Silent Wireless Mouse. Mouse ini didesain kompak dan ringan, cocok bagi mereka yang membutuhkan pendamping saat bekerja atau belajar.

Spesifikasi ASUS Marshmallow Mouse

Mouse minimalis yang satu ini jelas menunjukkan bahwa penampilan bisa menipu. Meski tampak sederhana, mouse ini dipenuhi dengan fitur-fitur kinerja yang mengagumkan. Keakuratannya bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna, dengan rentang sensitivitas mulai dari 800 hingga 1600 DPI. Semakin tinggi DPI yang dipilih, semakin responsif pergerakan kursor dengan gerakan mouse yang minim.

Asus membanggakan daya tahan baterai mouse ini. Dengan hanya satu baterai AA, mouse ini diklaim dapat bekerja hingga 12 bulan, walaupun tentunya durasinya akan bergantung pada seberapa sering dan intens mouse tersebut digunakan. Dan untuk kenyamanan koneksi, mouse ini memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung hingga jarak 10 meter dari perangkat mereka.

Memudahkan pengguna lebih jauh, Asus melengkapinya dengan receiver nirkabel 2.4G yang bisa langsung digunakan begitu dikeluarkan dari kotak, tanpa perlu instalasi tambahan. Yang perlu dilakukan hanyalah menancapkan receiver ke port USB, mengaktifkan mouse, dan siap untuk digunakan.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah material di bagian bawah mouse. Material tersebut, yang terbuat dari 100% PTFE gaming grade, dirancang untuk memastikan gerakan kursor yang super mulus pada berbagai permukaan.

Namun, yang paling menonjol dari semua ini adalah daya tahannya. Meski memiliki bobot yang ringan, kurang dari 60 gram, mouse ini diklaim memiliki daya tahan yang luar biasa. Asus menyatakan bahwa mouse ini dapat menangani hingga 10 juta klik, tiga kali lebih banyak dibandingkan mouse kantor tradisional. Jadi, jangan salah sangka dengan penampilannya yang mungil, karena mouse ini benar-benar dibuat untuk tahan lama!

Desain ASUS Marshmallow Mouse

Dalam hal desain, mouse Asus Marshmallow MD100 menonjol dengan estetika minimalis dan ukuran mungilnya. Ia menjadi pasangan sempurna untuk laptop seperti Asus ZenBook atau Asus VivoBook yang dikenal memiliki aura muda, modern, dan stylish. Bahkan, saat Asus meluncurkan produk Vivobook S 15 OLED BAPE Edition, mouse ini termasuk sebagai bagian dari paket penjualannya, menunjukkan betapa kompatibelnya mereka secara desain.

Salah satu fitur unggulan dari mouse ini adalah magnetic top cover. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengganti penutup atas mouse sesuai dengan mood atau suasana yang diinginkan. Proses pergantian cover ini dirancang begitu sederhana, hanya dengan mengangkatnya, mirip seperti mengangkat logam dari magnet.

Untuk memberikan kebebasan lebih kepada pengguna, Asus menyediakan Marshmallow Mouse MD100 dalam dua varian warna. Ada Quite Blue set, yang dominan dengan warna Quiet Blue namun juga dilengkapi ekstra top cover berwarna Solar Blue. Sementara itu, Lilac Mist Purple set hadir dengan warna dasar Lilac Mist Purple dan tambahan top cover berwarna Brave Green.

Dengan kemampuan mudah untuk mengganti-ganti top cover, pengguna memiliki fleksibilitas untuk mempersonalisasi tampilan mouse sesuai dengan preferensi mereka.

Fitur ASUS Marshmallow Mouse

Pentingnya mouse sebagai aksesori bagi komputer, khususnya laptop, sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Jelas, untuk pengguna desktop, mouse adalah kebutuhan pokok. Mouse dari Asus yang kita bicarakan ini menonjol tidak hanya karena desainnya yang ringan dan kompak, tetapi juga karena fiturnya yang canggih namun tetap elegan, sehingga membuatnya sangat praktis untuk dibawa-bawa.

Namun, apa yang membuat mouse ini benar-benar istimewa adalah komitmen Asus terhadap kenyamanan dan kebersihan. Di era pandemi Covid-19, kita semakin sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan semua perangkat kita. Sebagai ilustrasi, beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa mouse bisa menyimpan bakteri hingga 40 ribu kali lebih banyak daripada gagang toilet. Bayangkan saja!

Menanggapi hal ini, Asus melengkapi Marshmallow Mouse MD100 dengan fitur lapisan AntiBacterial Guard. Lapisan ini sudah mendapatkan pengakuan melalui sertifikasi ISO 22196:2011, sebuah standar internasional yang menilai kemampuan bahan, dalam hal ini plastik, dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Dengan bangga, Asus mengumumkan bahwa lapisan tersebut terbukti mampu mengurangi pertumbuhan bakteri sebanyak 99% dalam jangka waktu 24 jam berdasarkan uji oleh pihak ketiga.

Ketika berbicara soal konektivitas, mouse ini memang spesial. Dengan kemampuan untuk terkoneksi melalui WiFi 2.4GHz atau Bluetooth, pengguna diberikan kebebasan untuk memilih tipe koneksi sesuai kebutuhan. Dan untuk memudahkan, Asus menambahkan lampu indikator di bagian bawah mouse yang akan memberi tahu pengguna jenis koneksi yang sedang aktif. Jadi, kini kalian bisa bekerja atau bermain dengan tenang, tanpa harus khawatir tentang konektivitas atau kebersihan.

Kesimpulan Review ASUS Marshmallow Mouse

Tren industri laptop saat ini menunjukkan peningkatan ukuran touchpad demi kenyamanan pengguna, namun touchpad belum sepenuhnya menggantikan kebutuhan akan mouse. Asus, sebagai salah satu brand laptop terkemuka di Indonesia, meluncurkan mouse baru, Asus Marshmallow MD100 Portable Silent Wireless Mouse seharga IDR 499.000, yang didesain minimalis namun kaya fitur. Mouse ini memiliki rentang sensitivitas dari 800 hingga 1600 DPI, masa aktif baterai yang panjang, konektivitas nirkabel dengan penerima 2.4G, serta lapisan AntiBacterial Guard untuk memastikan kebersihan. Desain mouse ini juga modis dengan penutup magnetik yang dapat diganti, serta tersedia dalam beberapa varian warna.