Console, News, PC

Developer Game Life is Strange Dilaporkan Jadi Tempat Kerja yang Toxic

Ada kabar tidak mengenakkan dari studio yang membuat seri game Life Is Strange, yaitu Deck Nine Games. Menurut laporan dari IGN, banyak karyawan mengalami situasi kerja yang tidak menyenangkan, seperti harus bekerja lembur terus-menerus (crunch) dan adanya sikap tidak profesional dari beberapa pimpinan.

Kisah ini semakin rumit karena ada masalah dengan penerbit game tersebut, Square Enix. Mereka sangat terlibat dalam pembuatan cerita game dan sempat khawatir jika Life Is Strange dianggap sebagai “game gay” karena menampilkan karakter dan hubungan LGBTQ+. Awalnya, mereka bahkan tidak ingin membahas tentang seksualitas Alex, karakter utama di True Colors, tapi kemudian berubah sikap setelah mendapat respon positif dari penonton.

Selain masalah tersebut, ada juga laporan tentang pelecehan seksual, intimidasi, dan sikap tidak menyenangkan lainnya yang terjadi di studio. Beberapa karyawan bahkan mengalami hal buruk dari seorang programmer senior yang akhirnya dipecat setelah sebuah insiden.

Zak Garriss, salah satu pimpinan di Deck Nine, dikritik karena sikapnya yang kontroversial, termasuk komentar tentang gerakan Black Lives Matter. Walaupun dia membantah beberapa tudingan, dia akhirnya meninggalkan studio itu.

Masalah lain yang muncul adalah adanya konten rasis dan simbol Nazi dalam materi game yang sedang dikembangkan. Walaupun telah dijanjikan kebijakan baru untuk mencegah ujaran kebencian, tampaknya belum ada langkah konkret yang diambil.

Selain itu, banyak karyawan merasa terpaksa bekerja keras karena tekanan dari Square Enix, yang mempengaruhi suasana kerja di studio. Beberapa proyek besar seperti The Walking Dead dan The Wolf Among Us 2 bahkan berakhir dengan pemutusan hubungan kerja.

Walaupun studio mengatakan mereka serius dalam menangani masalah ini dan berkomitmen pada keragaman, banyak karyawan merasa masih banyak yang perlu diperbaiki, terutama dalam hal kepercayaan antara karyawan dan pimpinan. Pembuatan game Life Is Strange berikutnya tetap berjalan, tapi ada harapan besar untuk perubahan ke arah yang lebih positif di masa depan.