[REVIEW] MSI Vector 16 HX A13V, Laptop Gaming Powerful yang Valuable!

Pada awal tahun 2024, MSI Indonesia telah memperkenalkan rangkaian laptop gaming terbarunya di Indonesia. Di antara serangkaian laptop gaming yang baru diluncurkan, ada satu seri yang menarik perhatian, yaitu seri Vector 16 HX A13V. Laptop gaming terbaru dari MSI ini dilengkapi dengan prosesor Intel generasi ke-13 dan kartu grafis NVIDIA RTX 40 Series terbaru, menawarkan performa optimal untuk pengalaman gaming yang mendalam. Seri MSI Vector 16 HX A13V juga menjadi yang pertama menghadirkan kartu grafis NVIDIA RTX 4080 di Indonesia.

Dalam konsepnya, MSI Vector 16 HX A13V diilustrasikan sebagai sebuah laptop gaming yang lahir menjawab kebutuhan performa. Karena memiliki spesifikasi tingkat tinggi yang mampu melibas semua game AAA maupun AAAA dengan mudah. Sehingga MSI Vector 16 HX A13V sangat cocok bagi pengguna yang sedang mencari laptop gaming yang punya performa powerful untuk main game tingkat profesional maupun content creator yang membutuhkan render serba cepat. 

MSI Vector 16 HX A13V mampu memenuhi kebutuhan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan produk lain dengan spesifikasi yang sama. Nah kebetulan penulis mendapatkan kesempatan dari MSI Indonesia untuk mengulas seri MSI Vector 16 HX A13V, terutama SKU Vector 16 HX A13VHG-276ID yang merupakan varian tertinggi dalam lini Vector.

Bagi kamu yang mencari laptop gaming powerful yang bisa dibawa kemana-mana dan harga bersaing, MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk beberapa tahun ke depan. Sebelum membeli, yuk simak ulasannya berikut ini gaes!

Detail Spesifikasi Vector 16 HX A13VHG-276ID

Desain Terbaru, Lebih Modern dan Segar

Berbeda dengan seri Vector yang hadir tahun sebelumnya, Vector 16 HX A13VHG-276ID menampilkan desain yang lebih segar dan modern. Secara keseluruhan, laptop gaming ini didominasi oleh warna Cosmo Gray dengan material metal yang memberikan sensasi dingin ketika dipegang dan tetap memiliki kesan elegan. 

Walaupun bagian luar tutupnya terbuat dari metal, sebagian besar bagian dasarnya menggunakan plastik sehingga tidak terasa mewah seperti laptop-laptop mahal lainnya, misalnya Titan HX. Bagian keyboard dan panel bawahnya juga terasa cukup istimewa jika dibandingkan dengan laptop-laptop gaming lain yang pernah penulis ulas. 

Menariknya, case berbahan metal tersebut menyelimuti dari bagian atas sampai bawah, termasuk pada bagian penutupnya yang biasanya lebih lemah pada laptop-laptop lain. Engsel-nya yang didesain ulang juga jauh lebih besar dan kokoh daripada generasi sebelumnya. Walau engsel Vector 16 HX A13VHG-276ID masih memiliki batasan sudut maksimal sampai 130 derajat.

Dari spesifikasi di atas, dimensi Vector 16 HX A13VHG-276ID masuk ke dalam kategori laptop gaming yang cukup besar. Bahkan ukurannya juga berbeda dengan laptop gaming kebanyakan. Bobotnya yang 2,7 kg ditambah lagi adapter yang juga berukuran cukup besar, tentu bakal membuat punggung terasa pegal jika ingin mobilitas. Namun hal itu karena MSI ingin mengejar performa terbaik sehingga tidak ada kata penyesalan ketika kamu membawanya kemana-mana. Mengingat laptop gaming ini memiliki TGP-nya yang besar 175 W (atau 240 W jika digabung dengan CPU).

Di bagian bawah, Vector 16 HX A13VHG-276ID hadir dengan desain segar yang terdapat sentuhan karet berwarna biru agar memberikan nyaman selama penggunaan. Lubang grill ventilasi juga memiliki style yang keren namun tetap memikirkan aliran udara agar menjaga sirkulasi udara yang baik.

Di bagian keyboard, MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID mengalami penyegaran dibanding desain sebelumnya. Tombol Fn/Ctrl yang sebelumnya tergabung kini dipisahkan, dan ditambahkan pula numpad baru. Namun, ukuran tombol panah menjadi lebih kecil, tapi tidak membuat kenyamanan dalam mengetik maupun bermain game terganggu. Asyiknya, semua tombol dilengkapi pencahayaan RGB per-tombol by Steelseries yang bisa kamu atur di MSI Center atau Steelseries GG.

Untuk keyboard, penulis tidak merasa ada kekurangan, karena bagian keyboard laptop ini memiliki karakteristik yang empuk bila ditekan dan sangat informatif, sehingga bisa diandalkan dalam mengetik maupun bermain game.

Uniknya, tombol WASD dan arrow key pada MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID dibuat dengan finishing transparan yang memberikan tampilan gaming yang khas. Jarak antara tombol keyboard juga pendek, memberikan kenyamanan dalam mengetik. Karakteristik keyboard ini terasa responsif dan cocok untuk mengetik atau bermain game.

Touchpad pada laptop ini lebih luas dari sebelumnya, mencapai sekitar 13,2 x 8,2 cm. Permukaannya halus meski sedikit lengket saat digerakkan perlahan. Umpan balik saat menekan cukup mantap meski tidak begitu terdengar. Biasanya, clickpad pada laptop gaming cenderung kurang memuaskan, tetapi pada MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID ini, clickpadnya cukup layak dan tidak terlalu sensitif terhadap sidik jari. Overall, meskipun terdapat beberapa kekurangan, keyboard dan touchpad pada laptop gaming ini tetap memberikan pengalaman penggunaan yang memadai bagi pengguna.

Konektivitas yang Lengkap

MSI telah melakukan penyesuaian pada port-port pada laptop MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID jika dibandingkan dengan model sebelumnya, GP66. Pada laptop gaming ini, kini terdapat pembaca kartu SD baru dan port USB-C tambahan yang mendukung Thunderbolt dengan baik. Namun, model terbaru ini memiliki sedikit port USB-A dan tidak lagi dilengkapi dengan mini-DisplayPort yang khusus. Meskipun demikian, perbandingan ini masih lebih baik daripada laptop pesaing di kelasnya yang rata-rata kini lebih sedikit port USB-C atau tidak memiliki pembaca kartu SD.

Perlu diketahui bahwa port adaptor AC pada MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID identik dengan Titan 18 HX, meskipun ukuran adaptor AC mungkin berbeda.

Adapun letak port pada laptop ini adalah sebagai berikut:

  • Depan: Tidak ada port.
  • Kanan: USB-A 3.2 Gen. 2, USB-A 3.2 Gen. 1, USB-C 3.2 Gen. 2 dengan DisplayPort + Pengiriman Daya.
  • Belakang: RJ-45 2.5 Gbps, HDMI 2.1 (8K @ 60Hz / 4K @ 120Hz), USB-C 3.2 Gen. 2 dengan DisplayPort, adaptor AC.
  • Kiri: Thunderbolt 4 USB-C dengan DisplayPort, pembaca kartu SD, headset 3,5 mm.

Pembaca kartu SD pada laptop ini memiliki laju transfer yang cukup baik, sekitar 90 MB/s. Namun, perlu diperhatikan bahwa kartu SD yang dimasukkan sepenuhnya akan menonjol beberapa milimeter dan pembacanya tidak dilengkapi dengan pegas, sehingga kartu SD bisa sulit untuk dikeluarkan dengan jari yang lebih besar.

Layar Berkualitas yang Memanjakan Mata

Layar pada MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID memiliki bentang 16 inci dengan rasio 16:10 dengan resolusi 1920 x 1200 dengan panel IPS-Level 144 Hz yang cepat, serta rasio kontras ~1300:1, dan respons yang cepat, sebagaimana menjawab kebutuhan gaming maupun content creator saat ini. 

Walau layar laptop ini belum seluruhnya bezelless, tapi bagian bezel sampingnya sudah cukup tipis, meski bezel bawahnya jauh lebih tebal. Untuk penggunaan sehari-hari, layar MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID sudah bisa diandalkan untuk bermain game maupun menikmati konten hiburan sekalipun. Pada skema penggunaan di luar ruangan sekalipun, tampilan layar laptop ini masih bisa diandalkan, meskipun hal tersebut kurang direkomendasikan.

Spesifikasi Mumpuni yang Ngebut!

Jika kamu sedang mencari laptop gaming yang powerful, maka MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID bisa menjadi jawaban. Pasalnya, laptop gaming ini menggunakan prosesor yang masih bisa diandalkan saat ini bahkan beberapa tahun kedepan. Ditenagai prosesor Intel Core i9-13980HX Gen 13th dengan code name Raptor Lake-HX, di mana prosesor ini menjadi prosesor 24-core pertama untuk laptop yang memiliki performa kecepatan maksimal mencapai 5,6 GHz. Ketika dilakukan overclocking, kecepatan Intel Core i9-13980HX bisa menembus 6 GHz.

Intel Core i9-13980HX juga memiliki 8 performance cores untuk menunjang performa tinggi dan 16 efficient cores yang mendukung tugas-tugas pada background namun dengan pemakaian daya yang efisien. Selain itu produk prosesor tersebut juga dilengkapi oleh 32 threads. Prosesor ini juga menerapkan teknologi Intel ABT (Adaptive Boost Technology) & TVB (Thermal Velocity Boost) untuk meningkatkan performa frekuensi multi-core turbo serta meningkatkan frekuensi clock. Sehingga prosesor ini memang hadir untuk menjawab kebutuhan gaming kompetitif, kreator dinamis, dan para profesional yang ingin performa maksimal di mana saja. 

Untuk menunjang kemampuan prosesor powerful tersebut, turut disandingkan pula discrete GPU NVIDIA GeForce RTX 4080. Kartu grafis ini memiliki clock speed hingga 2040MHz dalam mode Boost, serta memiliki daya grafis maksimum 175W dengan Dynamic Boost. Dengan teknologi MSI OverBoost, daya CPU-GPU maksimum yang dapat dicapai adalah 240W, meskipun dapat bervariasi tergantung pada situasi penggunaan. 

Desain GPU ini dirancang untuk memberikan performa penuh, yang berarti kartu grafis ini dapat memberikan kinerja optimal untuk berbagai keperluan, termasuk gaming, rendering, dan tugas grafis berat lainnya. Dengan spesifikasi ini, NVIDIA GeForce RTX 4080 Laptop GPU diharapkan dapat memberikan pengalaman gaming yang mulus dan responsif serta kinerja yang kuat dalam berbagai aplikasi grafis yang membutuhkan daya pemrosesan tinggi.

Selain fitur Ray-Tracing terbaru, NVIDIA GeForce RTX 4080 ini juga memiliki fitur DLSS (Deep Learning Super Sampling) 3 yang menghadirkan teknologi AI terbaru yang dapat memprediksi seluruh frame, bukan hanya piksel. Bahkan teknologi ini dapat meningkatkan frame rate beberapa kali lipat dengan menjaga kualitas grafis. 

MSI juga telah menyematkan RAM SODIMM DDR5 dengan kapasitas 16 GB dual channel yang memiliki frekuensi 5600 Mhz guna menemani prosesor dan GPU tersebut di MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID. Asyiknya, kamu juga bisa meng-upgrade kapasitas RAM tersebut hingga 64 GB apabila masih terasa kurang. 

Untuk MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID yang penulis ulas, laptop gaming ini memiliki memori storage berjenis M.2 NVME SSD PCIE Gen 4 sebesar 1 TB. Bahkan bila masih kurang, masih ada slot M.2 tambahan yang bisa kamu manfaatkan. 

Fitur AI yang Pintar

MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID juga turut dilengkapi dengan berbagai fitur untuk pengalaman gaming yang maksimal. Fitur utamanya di antaranya seperti; Cooler Boost 5, Wi-Fi 6E AX211, dan Bluetooth 5.3 memastikan konektivitas yang baik dan suhu laptop yang terjaga. Selain itu, ada juga fitur pendukung seperti Webcam security yang bisa kamu tutup atau buka, audio yang menggelegar karena sudah mendapat tuningan dari aplikasi Nahimic 3 Audio Enhancer. 

Di antara fitur tersebut, fitur yang paling memanjakan pengguna adalah fitur Cooler Boost 5 dengan sistem heatpipe dan kipas pendingin yang baru dari generasi sebelumnya. Teknologi ini secara pintar akan beradaptasi terhadap skema penggunaan laptop gaming tersebut, sehingga apabila pengguna ingin bermain game maka secara otomatis sistem Cooler Boost 5 bekerja untuk segera menstabilkan suhu. Namun sebaliknya, apabila laptop dalam keadaan idle, maka dengan pintar sistem pendingin akan menyesuaikan dan membuatnya irit daya. Ini tidak lepas dari penggunaan teknologi MUX Switch yang ada pada MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID.

Sekadar informasi, MUX Switch merupakan teknologi microchip khusus yang dikembangkan untuk laptop, di mana fungsinya mirip seperti sebuah sakelar yang bisa berpindah dengan mudah dan instant antara mode Microsoft Hybrid Graphics atau discrete graphics mode. 

Terdapat pula fitur MSI Center yang memungkinkan memungkinkan pengguna melakukan banyak hal, salah satunya untuk mengatur mode performa sesuai kebutuhan mereka. Selain itu, pengguna bisa melakukan hal lain seperti “Features Sets-Usage Scenarios”, “Performance Analysis”, dan “Hardware Diagnosis”. 

Pada MSI Center terbaru kini juga telah didukung oleh teknologi AI yang dinamakan “Smart AI”, di mana ini mempercepat alur kerja dan efisiensi dalam berbagai skenario. Dengan adanya teknologi AI ini, maka sistem akan secara otomatis menyesuaikan pengaturan terbaik berdasarkan perhitungan AI. Dengan pengguna mengaktifkan fitur Smart AI, maka sistem secara aktif mendeteksi game yang sedang dibuka, dan secara otomatis beralih ke Extreme Performance Mode, meningkatkan performa sistem untuk pengalaman bermain game yang lebih baik.

Ada juga fitur Nahimic 3 by SteelSeries yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kebutuhan audio sesuai penggunaan. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa mengatur para parameter equalizer, preset dan lainnya. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman audio yang pintar dan mudah digunakan. 

Lalu yang terbaru adanya fitur MSI AI Artist, di mana lewat fitur ini kamu bisa meng-generate konten-konten AI dengan memasukan teks dan gambar. Secara otomatis maka fitur ini akan mengolah informasi yang kamu berikan. Adapun kamu bisa meng-generate konten AI dari teks ke image, image ke image, dan image ke teks. Sistem ini juga memudahkan penggunanya untuk menyimpan file hasil AI generate menjadi format PSD.

Uji Performa yang Mengesankan

Setelah mengetahui spesifikasi dan semua fitur yang ada, pastinya kamu penasaran seperti apa performa MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID bukan? Nah penulis juga telah melakukan pengujian performa dengan menggunakan beberapa aplikasi dengan beberapa mode. 

Berikut screenshots hasil pengujian MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID yang bisa kamu lihat:

3DMark – Time Spy (Extreme Performance)

3DMark – Fire Strike (Extreme Performance)

Furmark 

PCMark 10

Nero Score

Penulis melakukan pengujian MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID laptop gaming ini dengan empat mode yang ada pada MSI Center, di antaranya; Extreme Performance, Balanced, Silent, dan Super Battery menggunakan 3DMark – Fire Strike Extreme dan Port Royal. Di mana MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID mendapatkan skor 21428 Legendary untuk hasil benchmark Fire Strike Extreme pada Extreme Performance mode. Sedangkan pada Silent mode, laptop ini mendapatkan skor 12535 Legendary. Di mana skor tersebut sudah sangat baik yang berhasil didapatkan oleh sebuah laptop gaming. 

Cinebench R23 Multicore

3DMark – Fire Strike Extreme (4 Mode)

3DMark Port Royal (4 Mode)

Untuk pengujian Cinebench R23 selama hampir 10 menit pada mode Extreme Performance dan mengubah pengaturan GPU Switch menggunakan Discrete Graphic Mode yang ada di MSI Center, nampak kalau Intel Core i9-13980HX Gen 13th di MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID ini mendapatkan skor Multi Core sekitar 31465 poin. Dari hasil tersebut juga memperlihatkan kalau pada Balance Mode di laptop gaming ini tetap memberikan performa yang baik dengan suara fan yang tidak terlalu berisik. Bahkan skor pada Balance Mode ini hanya terpaut 4% saja dari Extreme Performance mode.

Pada pengujian render 3D menggunakan Blender untuk model mobil BMW, MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID dapat menyelesaikan hanya dalam waktu 1 menitan saja. Untuk pengujian aplikasi FurMark selama hampir 15 menit dengan resolusi 1280×720 dan Anti-aliasing 8X MSAA pada pengaturan Extreme Performance Mode, laptop gaming ini mendapatkan FPS rata-rata sebesar 230-an FPS dengan suhu CPU maksimum di 89 Celcius dan suhu GPU maksimum di 72 Celcius. 

CrystalDiskMark 8.0.5

Selanjutnya M.2 NVME SSD PCIE Gen 4 pada laptop gaming juga memiliki performa yang cukup baik, lewat pengujian CrystalDiskMark 8, memori storage laptop gaming ini mendapatkan Speed Read di atas 5015an MB/s, sedangkan untuk Speed Write-nya mendapatkan 3200-an MB/s. 

Berikut ini juga beberapa hasil pengujian MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID dalam bermain game yang disajikan lewat screenshots dan video di bawah ini:

Avatar Frontiers of Pandora Benchmark

Assassin’s Creed Mirage Benchmark

Red Dead Redemption 2 Benchmark

Skull and Bones Benchmark

Gaming Benchmark Video

 

Selanjutnya adalah pengujian daya, dimana hasilnya bisa kamu lihat berikut ini:

Daya Saat Idle 

Daya Saat Full Load

Kesimpulan

Melihat spesifikasi dan performa yang ditawarkan, MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID merupakan laptop gaming yang powerfull dengan harga bersaing dikelas harga Rp30 jutaan saat ini. Dengan ditenagai prosesor 13th Gen Intel® Core™ i9-13980HX dan GPU NVIDIA GeForce RTX 4080, membuat laptop gaming ini mampu menjalankan segala jenis game hingga aplikasi render sekalipun. Apalagi MSI juga telah melengkapinya dengan berbagai fitur yang menunjang agar laptop gaming ini tetap adem walau digempur dengan pekerjaan berat sekalipun.

Adanya fitur MSI Center yang memudahkan mengganti mode atau skenario penggunaan dengan hanya satu klik, membuat laptop gaming ini unggul. Hanya saja, ketika mengganti ke Extreme Performance Mode, kamu harus menerima konsekuensi suara kipas yang kencang. Namun hal tersebut dapat memberikan performa yang maksimal dalam penggunaan, baik ketika bermain game, sedang me-render video atau visual. 

MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID juga memiliki build material yang kokoh, sehingga memberikan kepercayaan diri untuk dibawa kemana-mana. Dengan perpaduan material bodi metal dan plastik serta tidak banyak aksen gaming yang gonjreng, membuat laptop gaming ini tentunya sangat cocok bagi kamu gamer mainstream atau content creator berjiwa minimalis tapi tetap memperhatikan performa yang powerfull!

Secara keseluruhan, MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID memang ada beberapa kekurangan, seperti absennya fitur G-Sync dan suara kipas yang cukup bising. Namun karena performa dan harga yang ditawarkan, membuat laptop gaming ini sangat bisa diperhitungkan bila disandingkan milik kompetitor dengan spesifikasi yang sama. Apalagi ada beberapa hal menarik yang mungkin menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli. 

Menariknya, setiap pembelian laptop gaming ini juga disertakan bonus sebuah tas eksklusif yang punya desain keren serta sudah termasuk Microsoft Office Home Student 2021 dan garansi selama 3 tahun! Untuk harga laptop gaming MSI Vector 16 HX A13VHG-276ID yang penulis ulas, dibanderol dengan harga Rp35.999.000. Untuk informasi lebih lanjut mengenai laptop gaming ini, kamu bisa mengunjungi halaman resmi MSI berikut: