News, PC, Tekno & Gadget

Lenovo Legion Go Lite Segera Diluncurkan, Siap Tantang ROG Ally X

Lenovo dikabarkan akan merilis varian baru dari perangkat genggam mereka, Legion Go, yang diberi nama Lenovo Legion Go Lite. Meskipun perbedaan antara Legion Go dan Legion Go Lite belum sepenuhnya jelas, versi Lite ini diperkirakan akan lebih kecil, lebih ringan, dan tentunya lebih terjangkau.

Langkah ini dilihat sebagai respons terhadap peluncuran ROG Ally X oleh Asus, yang menargetkan pasar perangkat genggam PC kelas atas. Dengan demikian, Lenovo berusaha menawarkan alternatif yang lebih ekonomis di tengah persaingan ketat di pasar perangkat genggam.

Detail spesifik mengenai Legion Go Lite masih terbatas pada namanya saja. Namun, berdasarkan pengamatan terhadap perangkat genggam lainnya seperti Steam Deck dan varian Legion Go sebelumnya, kita bisa memperkirakan beberapa aspek dari Legion Go Lite.

Kemungkinan besar, Legion Go Lite akan memiliki ukuran layar yang lebih kecil, mendekati ukuran 7 inci seperti Steam Deck, Switch OLED, dan ROG Ally. Nama “Lite” sendiri menunjukkan bahwa perangkat ini akan lebih kompak dan mudah dibawa.

Nintendo Switch standar memiliki layar 6,2 inci, sedangkan Switch Lite berukuran 5,5 inci. Lenovo mungkin akan mengikuti strategi serupa, menawarkan ukuran yang lebih kecil dibandingkan kompetitornya. Ini bisa menjadi langkah strategis, mengingat pasar sudah cukup jenuh dengan perangkat genggam 7 inci yang menggunakan Radeon 780M.

Selain itu, layar yang lebih kecil kemungkinan akan memiliki resolusi yang lebih rendah dan realistis. Banyak perangkat genggam saat ini menawarkan resolusi di atas 720p atau 800p untuk meningkatkan spesifikasi. Namun, resolusi tinggi seperti 1600p pada Legion Go terlalu berlebihan untuk perangkat keras modern dalam menjalankan game 3D secara optimal. Sebagai contoh, Deck OLED dengan resolusi 800p pada layar 7,4 inci memiliki kepadatan piksel 203 PPI, lebih tinggi dibandingkan monitor 4K berukuran 27 inci.

Fitur unggulan dari Lenovo Legion Go yang membedakannya dari kompetitor adalah kontroler yang bisa dilepas serta port USB-C 4.0 di bagian atas dan bawah. Fitur ini memudahkan pengisian daya dan docking, serta memungkinkan pengalaman bermain yang lebih fleksibel. Harapannya, versi Lite tetap mempertahankan fitur-fitur ini.

Jika Legion Go Lite bisa mempertahankan fitur-fitur ini dalam bentuk yang lebih kecil, mirip dengan Switch atau Switch Lite, maka perangkat ini akan memiliki keunikan tersendiri di pasar perangkat genggam kelas Z1 Extreme/7840U.

Untuk spesifikasi internal, belum ada informasi yang pasti. Namun, jika Lenovo ingin menurunkan harga secara signifikan, mereka mungkin akan menggunakan prosesor AMD Ryzen Z1 non-Extreme. Keputusan ini perlu dipertimbangkan dengan hati-hati karena performanya akan lebih rendah dibandingkan Deck dan jauh berbeda dengan Ally X.

Dengan demikian, Lenovo Legion Go Lite diharapkan akan menjadi pilihan menarik bagi gamer yang mencari perangkat genggam berkualitas dengan harga lebih terjangkau. Kita tunggu saja pengumuman resmi dari Lenovo untuk mengetahui detail lebih lanjut.