Hyung-Tae Kim, CEO dari Shift Up, baru-baru ini buka-bukaan soal proses kreatif di balik desain karakter untuk game Stellar Blade dan Goddess of Victory: Nikke. Dalam sebuah wawancara santai, Kim menjelaskan kalau karakter-karakter yang dia ciptakan nggak hanya berdasarkan apa yang disukai pemain, tapi juga dari selera dan insting pribadinya.
Stellar Blade jadi salah satu game sukses besar untuk Shift Up dan Sony, berkat desain karakter yang menarik perhatian banyak pemain. Desain karakter yang keren ini jadi daya tarik utama, yang bikin game ini booming di kalangan gamer.
Dalam wawancaranya dengan Game Watch Japan di Tokyo Game Show 2024, Kim bilang kalau dia bikin desain karakter sesuai dengan apa yang dia suka.
“Para pemain juga suka desain ini, tapi yang penting, saya juga suka, jadi saya ngikutin insting saya,” kata Kim.
Komentar ini muncul di tengah tren di mana banyak game yang sengaja bikin desain karakter yang “biasa aja” atau “nggak menarik.” Tapi Kim, yang udah berpengalaman di dunia desain karakter, tetap percaya diri dengan pilihan buat bikin karakter yang menarik secara visual.
Menurut Kim, desain karakternya adalah kombinasi antara apa yang dia suka secara pribadi dan apa yang disukai oleh pemain. Desain karakter yang menarik ini bukan cuma buat “menjual,” tapi memang bagian dari visi kreatifnya yang dia yakini kuat.
Pengalaman Kim dalam dunia desain udah lama, termasuk kerjaannya di game Magna Carta dan Goddess of Victory: Nikke. Latar belakangnya sebagai ilustrator juga sangat berpengaruh ke karya-karyanya sekarang. Pas ngomongin desain karakter Eve di Stellar Blade, Kim cerita kalau timnya bikin banyak versi sampai dapat hasil yang menurut mereka paling “charming.” Mereka gabungin ilustrasi 2D dan teknologi 3D buat dapetin gaya visual yang unik dan standout.
Nggak cuma di Stellar Blade, Kim juga sukses besar dengan Goddess of Victory: Nikke, game mobile yang menampilkan karakter-karakter wanita dengan desain khasnya. Banyak pemain suka kombinasi antara gameplay seru dan visual karakter yang menarik.
Dengan dua game ini, Kim berhasil nyatuin gameplay keren dengan desain visual yang mencuri perhatian. Meski ada banyak pendapat beda di komunitas game, Kim tetap yakin dan solid dengan gaya khasnya.
Menurutmu gimana kamu soal visi kreatif Kim ini?