Monster Hunter Wilds sukses mencatatkan lebih dari satu juta pemain dalam sehari, membuktikan antusiasme yang luar biasa dari komunitas gaming. Namun, di balik kesuksesan itu, game ini menuai banyak kritik dari pemain PC. Di Steam, ulasan Monster Hunter Wilds masih berlabel Mixed, dengan banyak pengguna yang mengeluhkan performa buruk dan kualitas visual yang mengecewakan, terutama pada perangkat dengan GPU kelas menengah.
Uji Coba: Performa Buruk di GPU Mid-Range

Dalam pengujian terbaru oleh Digital Foundry, Monster Hunter Wilds menunjukkan banyak kelemahan dalam hal performa grafis. Saat dijalankan menggunakan RTX 4060 pada resolusi 1440p dengan pengaturan default tanpa frame generation dan DLSS dalam mode balanced, game ini mengalami banyak stutter dan penurunan frame rate yang signifikan.
Parahnya lagi, menurunkan pengaturan tekstur ke low memang sedikit memperbaiki performa, tetapi membuat visual tampak seperti game dari era PS3. Bahkan, RTX 4070 yang lebih bertenaga tetap mengalami masalah stuttering, meskipun mampu menghasilkan frame rate lebih tinggi.
Masalah Tekstur dan Teori DirectStorage
Salah satu isu terbesar dalam game ini adalah tekstur yang tampak buram dan tidak tajam, seolah-olah kualitasnya lebih rendah dibandingkan game modern lainnya. Masalah ini diduga berasal dari sistem DirectStorage GPU decompression yang digunakan oleh Capcom.
Menurut analisis, Monster Hunter Wilds tampaknya terlalu agresif dalam melakukan streaming dan decompression tekstur melalui GPU setiap kali kamera bergerak. Hal ini menyebabkan perbedaan mencolok antara kualitas visual dan kinerja game secara keseluruhan.
Menariknya, isu ini bukan disebabkan oleh keterbatasan VRAM, tetapi lebih kepada cara game ini mengelola data streaming pada GPU. Dengan metode optimasi yang kurang baik, banyak pemain mengalami pengalaman bermain yang kurang nyaman.
Harapan Update dan Patch Perbaikan
Meskipun Monster Hunter Wilds mendapat kritik di PC, ada harapan bahwa Capcom akan segera merilis pembaruan untuk mengatasi masalah ini. Banyak pemain berharap bahwa optimalisasi lebih lanjut akan memperbaiki stuttering dan meningkatkan kualitas tekstur tanpa mengorbankan performa.
Bagi pengguna PC dengan GPU kelas menengah, saat ini Digital Foundry tidak merekomendasikan Monster Hunter Wilds hingga ada perbaikan lebih lanjut. Namun, apakah Capcom bisa memperbaiki semua permasalahan ini melalui update, atau game ini akan menjadi contoh lain dari port PC yang gagal? Kita tunggu perkembangannya.
