Review, Smartphone, Tekno & Gadget

[REVIEW] realme Narzo 50 5G, Smartphone Gaming Kelas Mid-Range Harga Rp3 Jutaan

Bulan Mei 2022 lalu, realme Indonesia telah resmi meluncurkan realme Narzo 50 5G dan realme 9i sebagai smartphone mid-range pendobrak harga pasar. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah realme Narzo 50 5G. Pasalnya, smartphone ini mengusung banyak spesifikasi baru yang belum pernah disematkan di seri smartphone realme yang telah diumumkan sebelumnya, termasuk desain yang segar dan spesifikasi lebih baik pada lini seri Narzo sebelumnya.

Perkembangan industri game mobile yang semakin pesat saat ini juga mendorong para gamer turut mencoba peruntungan. Pertumbuhan ini juga sejalan dengan semakin banyaknya alat-alat pendukung bagi gamer agar dapat memenuhi kebutuhan bermain game mobile tersebut. Apalagi saat ini pertumbuhan industri game Tanah Air tengah didominasi oleh segmen mobile atau smartphone.

Oleh sebab itu, beberapa produsen smartphone juga tidak tinggal diam. Sehingga banyak produsen yang mencoba menjawab kebutuhan gamer akan hp yang dapat memenuhi kebutuhan bermain game mobile.

realme sebagai salah satu merek hp terbesar di Indonesia juga sangat sukses untuk lini Narzo sebagai “smartphone gaming kelas mid-range yang powerful”. Smartphone gaming lini ini hadir dengan beberapa keunggulan mulai dari spesifikasi yang mumpuni, mulai dari menggunakan prosesor terbaik Dimensity 810 5G, Ultra Smooth Display 90 Hz, baterai yang besar 5000 mAh, 33W Dart Charge, bodi lebih tipis dan ringan, hingga terdapat fitur Dynamic RAM hingga 5 GB, menjadikan total kesuluruhan RAM mencapai 11 GB! Menjadikan realme Narzo 50 5G sebagai smartphone gaming terbaik di segmen harga Rp3 jutaan.

Peransaran seperti apa performa untuk realme Narzo 50 5G? Simak ulasannya berikut ini yuk.

Unboxing

Saat membeli realme Narzo 50 5G kamu mendapatkan sebuah dus berwarna biru yang mirip seperti dengan kotak-kotak seri Narzo sebelumnya. Pada dus tersebut terdapat beberapa item, di antaranya unit hp realme Narzo 50 5G, buku manual dan garansi, adapter 33 Watt, dan sebuah kabel data bertipe USB Type-C. Menariknya, pada bagian layar realme Narzo 50 5G ini juga telah terpasang anti gores sehingga tidak perlu lagi membeli anti gores tambahan. Apa lagi realme juga memberikan case gratisan dengan kualitas material baik di dalamnya.

Desain

realme Narzo 50 5G memiliki desain yang lebih segar. Mulai dari bodi yang mengotak hingga bentuk frame kamera, serta material yang digunakan. Pada realme Narzo 50 5G hadir dengan konfigurasi dua kamera belakang yang memiliki bentuk bulatan berdiameter lebih besar, mirip seperti pada seri realme GT. Kedua kamera tersebut juga disandingkan dengan sepasang flash yang tertata rapi pada frame kaca.

realme Narzo 50 5G yang kami ulas memiliki warna Hyper Blue dan mempunyai desain tekstur kecepatan Kevlar yang terinspirasi oleh mobil balap. Tekstur yang sama ini diterapkan pula pada mobil. Jadi bayangkan realme narzo 50 5G sebagai mobil balap dan rasakan sensasi kehalusan dan kecepatan yang ekstrem, muncul dengan varian warna lainnyaa – Hyper Black.

Bodi belakang realme Narzo 50 5G menggunakan material plastik yang berkualitas, sedangkan bagian rangka samping, atas dan bawah terbuat dari bahan alumunium yang kokoh. Alhasil, memberikan kenyamanan ketika digengam.

Menuju bagian sisi kanan, terdapat beberapa tombol volume dan power yang memiliki penempatan yang pas. Selain itu, tombol power tersebut juga sekaligus menjadi sensor fingerprint yang mudah dijangkau. Sedangkan di bagian kiri, kamu akan menemukan slot sim card yang telah mendukung dua slot kartu nano sim dan sebuah media penyimpanan MicroSD.

di bagian bawah, terdapat grill speaker yang juga terletak di sisi kanan, port USB Type-C di tengah, dan audio jack 3.5 mm di sisi kiri. Untuk kebutuhan penyimpanan data dan multitasking, Realme Narzo 50 5G yang penulis ulas memiliki konfigurasi memori RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

realme Narzo 50 5G juga telah memiliki fitur Dynamic RAM, sehinggaa RAM bawaan bisa ditambah hingga 5 GB lagi sehingga total keseluruhan RAM mencapai 11 GB. Fitur Dynamic RAM pada realme Narzo 50 5G ini mengubah ROM menjadi RAM virtual, sehingga mampu memperluas kinerja RAM.

Layar

realme Narzo 50 5G memiliki bentang layar berukuran 6,6 inci dengan rasio 85.3%. Dengan bezel yang cukup tipis di sisi kanan, kiri, dan atas, membuat bodinya tak terasa terlalu besar. Resolusinya Full HD+ 1080 x 2408, 20: 9 ratio, menggunakan panel IPS LCD dan punya refresh rate 90 Hz serta touch sampling rate hingga 180 Hz sehingga dapat mengurangi lag dalam animasi, scrolling, dan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam bermain game.

Keunggulan layar dari realme Narzo 50 5G juga aman ketika digunakan di bawah terik matahari, karena layar smartphone gaming kelas mid-range ini ternyata menghasilkan kecerahan hingga 600 nits, dan density hingga 400 ppi.

realme Narzo 50 5G masih dapat memberikan pengalaman visual yang mulus di setiap gerakan pada layar. Layar pada smartphone gaming Rp3 jutaan ini juga telah mendukung sertifikat Widevine L1 di Netflix. Sehingga sudah dapat memutar video Netflix dengan kualitas resolusi terbaik.

Kamera

realme Narzo 50 5G hadir dengan konfigurasi dua kamera belakang yang dipadukan dengan dua buah lampu LED flash. Walau begitu kedua kamera pada smartphone gaming kelas mid-range ini sebenarnya sudah bisa diandalkan. Kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 48 MP dengan area yang luas dan aperture besar f/1.8 yang dapat menyerap cahaya yang cukup dan membuat gambar yang ditangkap menjadi lebih jernih dan cerah. Selain itu, 2X max digital zoom yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto lebih jelas dari jarak jauh.

Kamera utama tersebut juga disandingkan dengan lensa potret B&W 2MP, di mana lensa potret ini mendukung berbagai filter sistem warna, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar potret gaya yang berbeda.

Performa

Untuk bagian performa, realme narzo 50 5G ditenagai dengan prosesor MediaTek Dimensity 810 5G, yang mengadopsi proses produksi 6nm yang canggih dan memadukan dua inti Arm Cortex-A76 ‘Big’ yang sangat mumpuni dalam CPU octa-core yang beroperasi hingga kecepatan 2.4GHz. Apalagi prosesor ini juga dipadukan dengan RAM 6 GB serta ROM 128 GB, yang rasanya sudah cukup untuk kebutuhan bermain game mobile yang populer saat ini.

Dengan spesifikasi tersebut, realme narzo 50 5G sudah sangat mampu untuk menjalankan berbagai game Android, seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Modern Warship, Apex Legends Mobile, emulator PPSSPP, emulator AetherS2 bahkan Genshin Impact.

Fitur

Sebagai smartphone gaming kelas mid-range, realme Narzo 50 5G juga memiliki fitur keren bernama Game Space. Fitur ini memungkinkan untuk meningkatkan performa menjadi mode “Pro Gamer”. Fitur ini juga menyediakan layanan langganan akselerasi jaringan agar memberikan performa terbaik ketika bermain game mobile. Ada juga fitur blok notifikasi dan telepon masuk, sehingga tidak menggangu ketika sedang asyik bermain.

Benchmark

Dalam pengujian benchmark, realme Narzo 50 5G mendapatkan skor AnTuTu sebesar 324999, sedangkan untuk pengujian GeekBench, smartphone gaming ini mendapatkan skor 600 untuk Single Core dan 1789 untuk Multi Core.

Sedangkan untuk pengujuan GPU mark hasilnya mendapatkan skor 912000 dan pada pengujuan 3D Mark Wild Life mendapatkan skor hingga 1335. Dengan skor tersebut, smartphone gaming ini sebenarnya sudah cukup untuk menjalakan berbagai aplikasi sosial media, hingga berbagai game mobile lainnya dengan baik dan lancar.

Baterai dan Pengisian Cepat

Meski bodi realme Narzo 50 tipis, kapasitas baterainya tergolong besar di 5,000 mAh. Untuk penggunaan sehari-hari yang cukup intensif, baterai tersebut sanggup digunakan sampai satu hari penuh, dan seringkali lebih. Tentunya bakal lebih tahan lama bila ikut memanfaatkan beberapa fitur tambahan, seperti App Quick Freeze atau mode power saving yang beragam.

realme narzo 50 juga membawa algoritma penyetelan cerdas VCVT, algoritma pengoptimalan pengisian daya VFC, dan sistem perlindungan lima inti yang cerdas. Pengisian daya 33W Dart Charge dari realme narzo 50 mampu mengisi daya ponsel dengan baterai 100% hanya dalam 70 menit dengan cepat dan aman.

Kesimpulan

realme Narzo 50 5G telah memiliki beberapa hal penting yang bisa menobatkannya sebagai smartphone gaming, di antaranya; prosesor MediaTek Dimensity 810 5G, layar Ultra Smooth 90 Hz, 33 Watt Dart Charge, dan baterai 5000 mAh, desain tipis dan segar, serta fitur dynamic RAM hingga 5 GB. Bahkan smartphone ini juga memiliki beberapa fitur lain yang sangat berguna bagi gamer untuk mendukung pengalaman bermain gamenya.

Tidak hanya unggul sebagai smartphone gaming kelas mid-range, realme Narzo 50 5G juga telah memiliki fitur NFC dan stereo speaker dengan kedua speaker terpisah terpasang langsung di smartphone ini: satu untuk saluran suara kiri, dan satu lagi untuk kanan. Bahkan kualitas audio di realme Narzo 50 5G ternyata cukup besar.

Dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan membuat realme Narzo 50 5G terasa value for money. Bagaimana tidak, smartphone gaming ini sudah sangat mumpuni untuk menjalankan sejumlah game mobile populer, foto-foto untuk kebutuhan sosial media.