Gaming Listicle, PC

Game Terbaik Tahun 2022 yang Bisa Dimainkan di Steam Deck

Steam Deck merupakan konsol gaming portable (handheld) yang dapat memainkan game-game PC dari platform Steam. Kini perangkat tersebut telah resmi dijual dan telah tersedia. Walau di Indonesia harga Steam Deack lebih mahal dibandingkan harga aslinya. Mahalnya harga Steam Deck dikarenakan Steam Deck baru tersedia di wilayah Amerika, sehingga Steam Deck ada di Indonesia kebanyakan berasal dari import, sehingga ketika masuk ke Indonesia terkena pajak dan sebagainya. Tidak heran kalau harga Steam Deck di Indonesia lebih mahal dari harga aslinya.

Nah sebagai perangkat portable, Steam Deck sendiri ditenagai dengan prosesor milik AMD yang telah mendapatkan kostumisasi khusus. Oleh karena itu, Steam Deck dapat menjalankan sejumlah game-game PC dengan perangkat yang berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana.

Tidak hanya prosesor, Steam Deck juga turut dilengkapi dengan penyimpanan internal yang bervariasi, mulai dari 64GB hingga 512GB. Dan, sama seperti console lainnya, kamu juga bisa menambah ruang penyimpanan dengan memasukkan microSD ke dalam slot yang telah disediakan. Steam Deck juga dilengkapi dengan port USB-C yang berfungsi untuk mengisi daya perangkat dan menghubungkannya ke gadget periferal. Soal daya, konsol ini memiliki baterai 40Wh yang membuat kita bisa memakainya selama beberapa jam untuk mayoritas game yang ada.

Berbicara game, saat ini ada sejumlah game terbaik tahun 2022 yang bisa dimainkan pada Steam Deck? Apa saja, simak daftarnya berikut ini.

1. God of War

God of War merupakan bukan game baru, franchise ini sudah hadir sejak tahun 2005 di platform PlayStation 2 termasuk di versi PlayStation Portable (PSP) atau PS Vita. Makanya game ini memiliki basis penggemar yang besar. Hingga pada tahun 2022, Sony PlayStation merilis God of War versi PS4 untuk perangkat PC. Tidak sekadar porting tapi God of War (2018), versi PC dipastikan membawa peningkatan kualitas grafis yang luar biasa.

Pihak Sony PlayStation menyebutkan God of War (2018) PC akan hadir dengan dukungan resolusi 4K dan frame rate yang tidak dikunci untuk pengalaman grafis terbaik. Tentunya God of War menjadi salah satu game terbaik yang bisa kamu coba mainkan pada Steam Deck.

God of War (2018) sendiri telah menyabet banyak penghargaan dari industri game seperti BAFTA, sebagai game terbaik dengan di kategori genre action/adventure, narasi cerita, dan kualitas audio. Game ini diakui penggemarnya memiliki kualitas cerita yang dalam dan sangat kuat.

2. Scarlet Nexus

Game yang akan dirilis oleh Bandai Namco ini bercerita tentang seorang prajurit bernama Yuito Sumeragi yang bertarung melawan monster ganas dengan kekuatan psikisnya. Game ini dikembangkan oleh mantan tim yang sebelumnya juga pernah mengerjakan game Tales of Vesperia. Sehingga tidak heran kalau grafis yang dimiliki oleh Scarlet Nexus terlihat mirip dengan memiliki elemen anime khas Bandai Namco.

Menariknya, game berlatar di masa depan, di mana keaadaan hormon psionik yang ditemukan di otak memberikan kekuatan dan indra tambahan yang mengantar era baru bagi manusia Sayangnya, mutan yang dikenal sebagai Others yang haus akan otak manusia mulai menyerang.

3. Sekiro: Shadows Die Twice

Selanjutnya ada Sekiro: Shadows Die Twice yang cocok untuk dimainkan pada Steam Deck. Dicap sebagai game tersulit, tentunya menjadi tantangan ketika dimainkan pada perangkat handheld. Pada game ini kamu harus bisa menghabisi musuh sambil menghindari serangan musuh tersebut. Kamu akan langsung terbunuh jika terkena beberapa kali serangan musuh, jadi kamu harus bisa menentukan timing yang tepat kapan untuk menyerang dan kapan untuk menghindar.

Ketika kamu terkena serangan musuh selama beberapa kali, kamu akan langsung terbunuh dan ketika terbunuh kamu akan mengulangi melawan boss tersebut. Hal tersebut mungkin membuat beberapa pemain merasa kesal karena mereka harus melawan boss berulang kali.

4. The Witcher 3: Wild Hunt

Saat pertama kali diluncurkan, seri The Witcher 3: Wild Hunt sempat menjadi game favorit gamer PC kala itu. Bahkan sampai sekarang, game ini masih sangat dimainkan pada perangkat Steam Deck. Alih-alih ketika dirilis untuk Nintendo Switch yang kualitas kurang memuaskan, kehadiran The Witcher 3: Wild Hunt di Steam Deck menjadi jawaban bagi kamu yang ingin memainkannya secara handheld.

Sebagai game bergenre action RPG, game ini benar-benar menyuguhkan sesuatu hal yang memanjakan gamer. Mulai dari misi utama, hingga beragam konten tambahan yang menantang. Misi sampingan di dalam game ini beragam! Kalian bisa menjadi petarung tangan kosong untuk memperebutkan gelar atau memburu monster-monster mengerikan.

5. Stray

Berikutnya ada Stray yang rasanya sangat cocok bila dimainkan pada perangkat Steam Deck. Game buatan Annapurna Interactive ini benar-benar cocok dimainkan saat bersantai di sofa menggunakan perangkat handheld milik Valve tersebut. Kepopuleran Stray ini cukup unik karena game ini sebetulnya sangat sederhana. Bahkan karakter utamanya hanya seekor kucing oyen. Namun kelihatannya resep yang sederhana ini justru paling dicari oleh gamer.

6. Death Stranding

Death Stranding juga menjadi salah satu game eksklusif PlayStation yang kini telah hadir di PC. Sebagai game PC, game ini juga telah bisa dimainkan pada perangkat Steam Deck. Game besutan Hideo Kojima ini berhasil membius para penggemar garis keras untuk segera memainkannya. Jika kamu penikmat seri Metal Gear, maka tidak akan terasa asing dengan gameplay yang disuguhkan oleh game ini sehingga bisa menikmatinya selama berjam-jam.

Game ini sendiri mengisahkan tentang perjalanan Sam Bridges (Norman Reedus) menyatukan United Cities of America (UCA) pasca event kataklismik bernama Death Stranding yang meluluhlantakkan dan menghancurkan kota-kota yang ada. Kejadian itu menyebabkan munculnya makhluk tidak terlihat yang disebut “Beached Things” atau BTs, entitas paranormal melayang yang harus kamu hindari.

7. Hot Wheels Unleashed

Hot Wheels Unleashed merupakan game balap mobil yang menggunakan lisensi milik Mattel. Di mana mobil-mobil tersebit beradasarkan dari mainan Hot Wheels yang sempat dibuatnya. Pengembangan game ini sendiri ditangani oleh Milestone menggunakan Unreal Engine. Milestone sendiri memiliki pengalaman dalam beberapa proyek pengembangan game balap, seperti MotoGP dan Ride 4.

Ide utama dari Hot Wheels Unleashed ini adalah balapan dari sudut pandang mobil mainan kecil, yang bertujuan untuk meningkatkan kesan mendalam dan nostalgia bagi anak-anak terkait mainan Hot Wheels. Menariknya, game ini juga mengedepankan balapan dengan gaya arcade, sehingga pemain juga dapat menyesuaikan lintasan balapan sesuai dengan keinginan. Mulai dari mengubah lintasan atau aksi lompatan.

Itu dia geng rekomendasi game terbaik yang cocok untuk Steam Deck rekomendasi bang Jago. Selamat bermain!