Featured, PC

Langkah Mudah Merekam Layar Laptop, Tidak Perlu Aplikasi Tambahan

Laptop merupakan salah satu PC yang tentunya dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, ini karena Laptop memang komputer yang juga menjadi satu dengan monitor, bahkan mouse dan juga keyboard, yang mana semuanya itu menjadi satu paket dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Kebanyakan pengguna Laptop, tentunya menggunakannya untuk pekerjaan, tetapi tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk gaming.

Layaknya smartphone, Laptop juga dapat melakukan screenshot alias ss, dimana itu bisa tanpa menggunakan aplikasi, karena caranya hanya menekan tombol “Prt Sc” di keyboard pada Laptop. Lalu apakah bisa Laptop melakukan screen record atau rekam pada layar Laptop? Tentunya bisa dan bahkan tanpa perlu lagi aplikasi tambahan, yang dimana caranya bisa kalian ketahui di bawah ini!

Inilah Cara Mudah Merekam Layar Laptop yang Perlu Kalian Ketahui

Merekam Layar Laptop Tanpa Menggunakan Aplikasi (Xbox Game Bar)

merekam layar laptop

Tentunya cara ini hanya dikhususkan untuk Laptop yang memiliki Windows 10 keatas, karena di bawah itu jelas untuk merekam layar laptop membutuhkan aplikasi atau pihak ketiga. Bagi kalian yang memiliki Laptop dengan Windows 10 keatas, maka cara merekam layar Laptop kalian adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan Xbox Game Bar, dimana itu adalah fitur dari Microsoft yang bisa memungkinkan kalian untuk merekam layar di Laptop tanpa harus menginstal aplikasi perekam layar.
  2. Nah untuk mengaktifkannya, maka cara pertamanya kalian masuk saja ke menu Xbox Game Bar.
  3. Lalu kemudian kalian cari dan klik “Settings” dengan menekan menu “Windows” terlebih dahulu baru “Settings”.
  4. Kemudian, kalian cari dan pilih menu bertuliskan “Gaming”
  5. Setelah itu kalian langsung pilih menu “Game Bar”, lalu kalian langsung saja aktifkan (On).
  6. Setelah aktif, maka untuk melakukan perekaman adalah dengan menekan tombol keyboard kombinasi berikut ini: “Windows logo+G”
  7. Lalu selanjutnya, kalian klik menu “Capture” yang memiliki ikon berupa webcam. Setelah itu maka nantinya akan muncul tab baru.
  8. Untuk memulai proses perekaman, maka kalian dapat mulai merekam layar dengan menekan atau klik tombol rekam, yang mana itu berupa ikon titik besar.
  9. Lalu untuk stop merekam, maka kalian klik tombol ikon kotak yang berwarna hijau.

Merekam Layar Laptop Menggunakan Aplikasi

Tentunya bagi kalian yang memiliki Laptop dengan Windows 9 ke bawah, maka kalian masih bisa melakukan perekaman layar Laptop, tetapi hanya saja kalian membutuhkan aplikasi untuk memungkinkan itu. Nah ada banyak aplikasi yang bisa memungkinkan itu, tetapi kami hanya mengambil 1 contoh aplikasi terbaik saja, yang tentunya juga mudah untuk dioperasikan oleh kalian.

Aplikasi yang kami akan jelaskan adalah aplikasi Free Cam, lalu untuk merekam layar Laptopnya, maka tutorialnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama sudah jelas aplikasi perlu diinstal terlebih dahulu di Laptop kalian masing-masing. Sekadar informasi, aplikasi Free Cam itu gratis dan mudah untuk kalian download.
  2. Nah jika sudah menginstall aplikasi tersebut, maka kalian buka saja aplikasi tersebut “Free Cam” lalu klik “New Recording”
  3. Kemudian kalian pilih area yang ingin kalian rekam pada layar Laptop kalian. Perlu kalian ketahui, app tersebut bisa merekam seluruhnya atau juga bisa hanya sebagian saja.
  4. Masih belum selesai, kalian kemudian tinggal klik “Start Recording”
  5. Lalu jika kalian sudah selesai dalam merekam layar Laptop kalian, maka untuk menyudahi itu adalah dengan mengklik “Done”

Jadi itulah cara merekam layar Laptop, tentunya selain dari kedua cara tersebut, masih ada cara lain seperti menggunakan tambahan Extension dari Google Chrome. Sekian dari kami, tentunya selain dari artikel ini, kami juga ada artikel lain mengenai teknologi, game, dan sebagainya yang bermanfaat untuk anda, yang mana itu semua ada di Jagogame.id