Review, Smartphone, Tekno & Gadget

[REVIEW] iQOO 10 Pro, Smartphone Gaming dengan Charging 200 Watt!

Bulan Juli 2022 lalu, sub-brand Vivo, iQOO resmi meluncurkan iQOO 10 dan iQOO 10 Pro di China. Khusus untuk iQOO 10 Pro, smartphone ini dibekali dukungan fast charging hingga 200 watt. Dengan kemampuan tersebut, iQOO 10 Pro diklaim sebagai smartphone dengan dukungan pengisi daya tercepat di dunia.

Untuk saat ini, iQOO 10 Pro memang baru diluncurkan di China. Namun, dikutip dari Tech Viral, pasar selanjutnya yang mungkin ditargetkan Vivo adalah India. Masih belum diketahui apakah ponsel flagship ini akan hadir di Indonesia atau tidak. Walau begitu, smartphone ini dapat dibanderol mulai dari harga Rp11 juta hingga 13 jutaan untuk varian tertinggi.

Bahkan ketika iQOO datang ke Indonesia, mereka tidak memboyong varian iQOO 10 Pro ini dan langsung merilis seri iQOO 11 5G sebagai smartphone pertama mereka di Tanah Air. Nah menjelang peluncuran iQOO 11 5G, penulis mendapatkan kesempatan untuk mengulas varian iQOO 10 Pro yang memang masih sangat mumpuni untuk saat ini. Bagaimana performa dan kualitasnya? Apakah iQOO 10 Pro juga bisa hadir di Indonesia? Simak ulasannya di berikut ini ya.

Unboxing

Desain Premium yang Mewah

Ketika penulis melihat dan memegang iQOO 10 Pro secara langsung saat akan di-review, kesannya sangat positif. Karena smartphone ini terlihat sangat premium, mewah, menarik perhatian dan cukup solid ketika digenggam.

Desain kamera yang dibingkai kotak besar serta back cover-nya yang berbahan kulit premium memberikan feel terbaik ketika digenggam, terlebih iQOO 10 Pro memilik layar yang sedikit melengkung, membuat auranya sebagai ponsel premium high-end semakin terlihat.

Untuk semakin mempertegas posisinya, iQOO bahkan menggaet BMW untuk membuat Exclusive BMW Motorsport Premium Design untuk varian iQOO berwarna putih, kamu bisa menemukan iQOO 10 Pro beraksen garis tiga warna khas BMW, Merah, Hitam, dan Biru.

Meski begitu, masih ada beberapa kekurangan yang ada pada iQOO 10 Pro, seperti absennya jack audio 3,5mm dan software yang dibawa untuk unit test kali ini masih menggunakan ROM China yang kurang familiar. Sehingga apabila iQOO 10 Pro dapat masuk secara resmi maka sepatutnya ROM yang digunakan adalah ROM Global.

Smartphone ini memiliki bobot sekitar 215 gram. Model layar depan ponsel mengadopsi desain dari kebanyakan ponsel Andorid, yakni layar berlubang (punch hole) yang terletak di atas tengah layar. Smartphone ini juga memiliki bezel layar yang sangat tipis di seluruh sisinya. Sensor pemindai sidik jari ditanam di bawah layar sebagai salah stau sistem keamanan perangkat.

Beralih ke punggung. Di ujung kiri atas terdapat sebuah bilah segi empat yang menampung modul kamera. Terdapat tiga lensa dengan tata letak serupa huruf “L”, di mana dua lensa besar tersusun secara vertikal dan satu lensa kecil lainnya ada di sisi kanan bawah. Di sebelah lensa kecil, terdapat tulisan “40X”, yang mengindikasikan bahwa sensor tersebut berfungsi sebagai telefoto yang bisa melakukan perbesaran optis hingga 3 kali dan perbesaran digital hingga 40 kali.

Tampilan User Interface iQOO 10 Pro

Spesifikasi yang Ngebut

iQOO 10 Pro yang penulis ulas ditenagai chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadu dengan kombinasi RAM dan memori internal 12 GB/512 GB. Dengan spesifikasi tersebut, tentu smartphone ini sangat bisa diandalkan dalam menjalankan game-game mobile populer saat ini.

Smartphone ini juga mampu menjaga konsistensi performa, sehingga performa tetap ngebut ketika penulis rasakan di setiap kesempatan.  Selain memiliki performa dan pendinginan yang jempolan, ternyata iQOO 10 Pro ini juga memiliki daya yang sangat baik. Terbukti ketika digunakan untuk gaming selama berjam-jam konsumsi baterainya tetap terjaga.

Berkat kombinasi performa Snapdragon 8+ Gen 1 dan RAM besar, iQOO 10 Pro juga dapat melahap game-game kompetitif dan juga game AAA dengan sangat-sangat baik. Aktivitas gaming selama berjam-jam bukan masalah bagi smartphone yang berasal dari Sub-brand Vivo ini.

Wild Rift dan Mobile Legends dapat berjalan di settingan rata kanan dengan cukup mudah. Sedangkan PUBG Mobile juga bisa kamu mainkan dengan settingan tertinggi tanpa kendala. Yang paling mengejutkan, iQOO 10 Pro justru tetap memberikan perfroma yang stabil ketika diajak bermain Genshin Impact, HP ini sanggup mempertahankan game dari Mihoyo tersebut di atas 50 fps. Kerennya lagi bodi 10 Pro hanya terasa sedikit menghangat.

Layar yang Memanjakan Mata

iQOO 10 Pro mengusung layar Samsung E5 AMOLED dengan bentang layar seluas 6,78 inci. Resolusi layarnya adalah 3200 x 1440 piksel (Full HD Plus) dengan refresh rate 120 Hz dan HDR10+. Adapun untuk aspek rasio layar, mengusung yang sama dengan pendahulunya yakni 20:9 pada kerapatan 518 ppi (pixel per inch).

Untuk pengalaman hiburan, layar iQOO 10 Pro  ini juga telah mendukung sertifikat Widevine L1 di Netflix dan sudah dapat memutar video Netflix dengan kualitas resolusi dan kecerahan warna terbaik.

Memiliki teknologi Ultra Smooth dengan touch sampling rate sebesar 1.000 Hz, sehingga layar iQOO 10 Pro juga bisa diandalkan untuk merasakan grafis yang lebih halus dan responsif guna mendapatkan pengalaman terbaik dalam entertainment maupun bermain game mobile kelas berat. Untuk tingkat kecerahan yang diberikannya dapat mencapai maksimal 1500 nit, sehingga menghasilkan pengalaman visual yang teatap nyaman ketika di bawah terik matahari sekalipun.

Pengisian Baterai Ngebut dan Sistem Pendingin Terbaik 

Karena iQOO 10 Pro ampu melakukan pengisian daya dengan cepat, maka juga turut dilengkapi dengan sistem pendinginan menggunakan Vapor Chamber Liquid Colling System untuk membantu menjaga kestabilan suhu, sehingga tidak mengalami overheat atau suhu yang meninggi. iQOO 10 Pro juga telah menjalankan sistem operasi Android 12. Fitur pendukung lainnya untuk melengkapi ponsel antara lain speaker stereo, sensor inframerah, konektivitas 5G, Bluetooth 5.3, dan USB-C.

Seperti disebutkan sebelumnya, iQOO 10 Pro dibekali baterai berkapasitas 4.700 mAh yang didukung fast charging berkabel hingga 200 watt. Smartphone ini juga didukung wireless charging (pengisian daya nirkabel) hingga 50 watt, serta dukungan reverse charging.

Kamera yang Bisa Diandalkan

iQOO 10 Pro memiliki konfigurasi tiga kamera di bagian belakang di antaranya adalah kamera utama 50 MP yang menggunakan sensor Samsung S5KGN5 50 MP. Kemudian kamera keduanya adalah ultra wide yang beresolusi 50 MP dengan sensor Samsung S5KJN1. Kamera tersebut memiliki sudut pandang mencapai 150 derajat. Terkahir, kamera yang ketiga adalah kamera telefoto dengan resolusi 14,6 mega piksel yang disertai dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Kamera ini bisa melakukan perbesaran optis hingga 40 kali. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16 megapiksel untuk swafoto.

Untuk kualitas hasil tangkapan kamera iQOO 10 Pro sudah sangat bisa diandalkan dalam berbagai situasi. Meski disebut sebagai smartphone yang unggul dari segi spesifikasi, tapi tidak membuat smartphone ini kalah pada bagian fotografi. Berikut beberapa hasil foto dari iQOO 10 Pro:

Tes Benchmark iQOO 10 Pro

Tes Main Game di iQOO 10 Pro

Banyak Fitur

iQOO 10 Pro sebenarnya merupakan paket lengkap apabila kamu mencari sebuah smartphone berspesifikasi tinggi dan banyak fitur. Karena smartphone ini juga memiliki fitur Performance Panel yang memungkinkan kamu mengatur performa dari smartphone ini. Mulai dari mode, refresh rate, hingga juga terdapat beberapa tools yang bermanfaat untuk sesi gaming kamu.

Kesimpulan

iQOO 10 Pro menjadi alternatif bagi kamu seorang gamer yang ingin memiliki sebuah smartphone yang bisa diandalkan dalam segala hal khususnya gaming, tapi budget yang dimiliki tidak bisa menggapai smartphone gaming. Apalagi menurut penulis pribadi, iQOO 10 Pro ini masih sangat bisa diandalkan saat ini. Apalagi semua sektor yang ada pada smartphone ini tidak terasa memiliki kekurangan sama sekali.

Dengan segala keunggulannya, iQOO 10 Pro sangat layak dimiliki untuk kalian yang sedang mencari smartphone kelas flagship atau smartphone gaming dengan mengantungi segudang keunggulan yang dimiliki. Namun itu pun bila iQOO Indonesia membawanya ke Indonesia, bila tidak maka kamu hanya bisa memilih untuk membeli iQOO 11 5G.