Console, Game Online, News

Microsoft Akhiri Produksi Game untuk Xbox One

Microsoft telah memutuskan untuk menghentikan pembuatan game baru untuk Xbox One. Ini adalah sebuah langkah yang harus diambil, demi menjaga kualitas game yang semakin modern dan kompleks.

Setelah hampir tiga tahun berlalu sejak peluncuran Xbox Series X/S, Microsoft memastikan bahwa mereka tidak lagi memproduksi game untuk Xbox One. Walaupun demikian, mereka masih akan terus memberikan dukungan untuk game-game generasi sebelumnya yang masih populer, seperti Minecraft dan Halo Infinite. Namun, tidak ada lagi tim dari Xbox Game Studios yang sedang bekerja pada judul baru untuk konsol generasi sebelumnya ini.

“Kami sudah beralih ke generasi 9,” ungkap Matt Booty, Kepala Xbox Game Studios, merujuk pada Xbox Series X/S, sebagaimana dilaporkan oleh Engadget. Sementara itu, mereka juga tetap memproduksi game untuk PC.

Xbox One

Langkah ini memang tak terhindarkan, untuk menghindari penurunan kualitas game-game baru dan kompleks yang mungkin terjadi akibat keterbatasan dari Xbox One yang sudah berusia sepuluh tahun. Namun, bagi para pengguna Xbox One, mereka masih dapat menikmati game dari Series X/S, seperti Starfield dan Forza Motorsport, melalui Xbox Cloud Gaming. “Inilah cara kami menjaga dukungan,” tutur Booty.

Pengumuman ini datang setelah penampilan menawan dari Xbox di pameran tahunan mereka pekan lalu. Mereka mengumumkan judul baru seperti South of Midnight dari Compulsion dan Clockwork Revolution dari InXile, serta memberikan preview baru dari game seperti Fable, Avowed dan Senua’s Saga: Hellblade II.

Dengan berpindahnya fokus dari Xbox One, tim Microsoft dapat lepas dari batasan-batasan yang ada pada generasi sebelumnya. Namun, beberapa pengembang dari pihak ketiga merasa khawatir bahwa Xbox Series S, yang performanya lebih rendah dibanding Series X, juga bisa menjadi penghambat.

Booty mengakui bahwa untuk menjalankan game dengan baik di Series S, membutuhkan “kerja keras”. Namun, dia menegaskan bahwa studio-studio Microsoft (terutama yang sedang mengerjakan game kedua mereka untuk konsol generasi ini) kini dapat lebih mengoptimalkan proyek mereka untuk Series S.