News, PC, Tekno & Gadget

Intel Bakal Hapus “i” dari Nama CPU Intel Core di Masa Depan

Biasanya, nama CPU core Intel diawali dengan huruf “i”, misalnya Intel Core i3, Core i5, dan Core i7. Tapi kedepannya, Intel bakal buang huruf “i” tersebut dari nama prosesornya, jadi namanya jadi Core 3/5/7/9.

Mengutip Gizmochina (17/6), yang bilang bahwa ada laporan yang bocor tentang CPU “generasi Meteor Lake”, yang namanya “Core Ultra 5 1003H”. Nama prosesor ini nggak ada huruf “i”, ini jadi bukti bahwa Intel emang mau buang huruf “i” tersebut.

Alasannya menarik banget, lho. Intel merasa bahwa nama “Intel” mulai nggak begitu dikenal, orang-orang biasanya lebih kenal istilah “Core i5” atau “Core i7”.

Intel Core

“Ketika kita lihat cara media teknologi, penjual kita, OEM kita, mitra kita ngomongin kami, kita jadi kayak cuma dikenal dari huruf dan angka aja,” kata Christopher Hirsch, yang kerja di bagian produk Intel.

Ke depannya, Intel bakal tambahin kata “Ultra” di branding mereka, yang bakal diletakkan sebelum angka. Jadi, prosesor kelas atas di masa depan bisa aja disebut “Intel Core Ultra X.”

Intel bilang kalau informasi tentang generasi prosesor tetap bakal ada di bagian belakang, contohnya “prosesor Intel Core X 1300AB”. Intel juga bilang kalau prosesor Core biasa dan Core Ultra bisa dipakai sama grafis Intel Arc.