Logitech G Meluncurkan Gaming Keyboard PRO X 60 LIGHTSPEED dengan Teknologi KEYCONTROL

Logitech G, brand unggulan dalam teknologi dan perangkat gaming memperkenalkan dua produk terbaru dalam seri Gaming PRO, yaitu Logitech G PRO X 60 LIGHTSPEED Gaming Keyboard, sebuah keyboard profesional yang compact tanpa mengurangi fitur yang dapat ditemukan pada full-size keyboard dan jawaban tepat untuk kebutuhan bermain para pro player

Para atlet eSport profesional selalu mencari gear terbaru yang mampu mengantarkan mereka pada performa terbaik. Bentuk keyboard 60% semakin populer di kalangan pro player karena ukurannya yang kecil dan memberikan lebih banyak ruang gerak pada mouse untuk pergerakan yang lebih dinamis yang diperlukan untuk kompetisi FPS tingkat profesional. Bentuk keyboard 60% lebih mudah ditempatkan untuk menciptakan ruang maksimal yang berpengaruh pada performance permainan dan mudah dibawa ke mana pun. 

“PRO X 60 adalah pilihan yang sempurna untuk pemain yang membutuhkan keyboard yang dapat beradaptasi dengan berbagai setup dan kondisi. Keyboard ini juga sangat mudah dibawa saat bepergian. Saya suka itu,” kata Michaela ‘mimi’ Lintrup, G2 Esports, Valorant

Meskipun keyboard format kecil bagus untuk permainan yang lebih kompetitif, ukuran keyboard ini memiliki kekurangan yang terdapat pada critical keys yang seringkali dibutuhkan oleh para pemain Pro. Untuk mengatasi ini, PRO X 60 memperkenalkan teknologi baru yang inovatif, KEYCONTROL, untuk memberikan kemampuan kustomisasi kepada para gamer jauh melampaui apa yang dapat ditawarkan oleh full-sized keyboard. 

“Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun merancang dan membangun keyboard dan switches bersama dan untuk pemain pro,” ucap Brent Barry, Head of Esport and PRO Series Logitech.

“Melalui kolaborasi unik ini, bersama para pemain profesional, kami mengumpulkan wawasan penting yang memainkan peran kunci dalam desain PRO X 60 yang terfokus pada kebutuhan akan fitur KEYCONTROL. Kemampuan baru ini menjadi solusi atas semua kebutuhan pemain Pro yang terwujud dalam keyboard dengan bentuk yang compact, portabel, dan canggih yang dirancang untuk meraih kemenangan.” tambahnya.

KEYCONTROL dikembangkan untuk memperluas kemampuan keyboard melebihi standar. Sebagai alat user-friendly yang dapat diakses lewat aplikasi G HUB, KEYCONTROL memberikan pemain opsi kustomisasi yang jauh lebih banyak dengan memungkinkan mereka menetapkan hingga 15 fungsi per tombol dan menyesuaikan keyboard mereka dengan gaya unik mereka. Saat digabungkan dengan G-SHIFT, fitur canggih yang dapat ditetapkan oleh para pemain pada hampir semua tombol (seperti tombol sisi mouse untuk tindakan) seperti mengaktifkan layer baru pada tombol dan mendapatkan akses cepat ke setiap tombol atau memberikan perintah langsung pada tombol WASD. Hal ini menjawab kekurangan keyboard dengan hilangnya critical keys serta menciptakan akses yang sangat cepat ke perintah-perintah penting dan mendorong para pemain game menuju kemenangan. 

“Saya sangat menyukai keyboard PRO pada seri sebelumnya, tetapi seiring dengan berkembangnya gaya permainan saya, saya ingin sesuatu yang lebih kecil untuk memberikan lebih banyak ruang bergerak untuk mouse tanpa kehilangan semua fungsi tombol,” kata Emma “Emy” Choe, FlyQuest RED, Counter Strike 2.

“Sekarang, dengan PRO X 60 dan fitur KEYCONTROL, saya memiliki lebih banyak ruang untuk flick shot sambil menyesuaikan layout saya sehingga tidak melewatkan tombol-tombol apa pun. Saya tidak sabar untuk menggunakan ini dalam kompetisi,” tambahnya. 

PRO X 60 juga menampilkan kinerja dan keandalan terpercaya dari teknologi wireless LIGHTSPEED Logitech G. Teknologi wireless LIGHTSPEED dirancang untuk memberikan kecepatan yang sama dengan keyboard kabel tetapi dengan ketahanan yang sangat kuat, bahkan dalam setup yang paling sulit. 

Ketika seorang pemain pro berkompetisi di turnamen, ribuan orang sering mengelilinginya dengan perangkat yang menghasilkan RF signal (Radio Frequency) seperti ponsel, kamera, dan berbagai jaringan. Logitech menguji LIGHTSPEED di ruang anechoic canggih yang menghasilkan gangguan frekuensi radio setara untuk memastikan protokol wireless LIGHTSPEED berfungsi dengan sempurna. Pemain pro dapat percaya bahwa klik dan sentuhan mereka akan terwujud dengan tepat, memungkinkan mereka untuk tampil sebaik mungkin.

“Sangat penting untuk memiliki koneksi yang andal dan cepat saat Anda berkompetisi karena Anda ingin memiliki bergantung pada kecepatan saat berada dalam skenario kompetitif. Memiliki koneksi wireless yang sangat cepat dapat menjadi perbedaan antara menang dan kalah di level tertinggi,” kata Evan “Verhulst” Verhulst, TSM, Apex Legends.

PRO X 60 Keyboard juga dilengkapi dengan GX Optical switches dalam konfigurasi tactile yang menawarkan actuation lebih cepat dibandingkan mechanical switches pada umumnya. Tidak seperti mechanical switches biasa, GX Optical bekerja melalui kekuatan cahaya, mengirimkan perintah secara instan, menghilangkan debounce pada traditional mechanical switches. Switch juga factory-lubricated dan dirancang untuk memberikan pengalaman bermain game dan mengetik yang memuaskan. 

Fitur tambahan pada keyboard PRO X 60 meliputi: 

  • Keycaps PBT dual-shot 
  • Pencahayaan RGB LIGHTSYNC 
  • Game mode switch 
  • Pengatur volume dan kontrol media 
  • Bluetooth 
  • Adapter LIGHTSPEED 2:1 
  • Tas jinjing semi hardcover 

Harga dan Ketersediaan 

Keyboard PRO X 60 LIGHTSPEED Wireless Gaming Keyboard sudah tersedia di Indonesia mulai 9 April 2024. Tersedia dalam warna Black, White, dan Pink dengan harga jual yang disarankan Rp2.899.000,-. Produk ini bisa Anda dapatkan di online store maupun toko-toko elektronik terdekat kesayangan Anda.