News, PC, Technology, Tekno & Gadget

Microsoft Windows 11 Mulai Uji Coba Iklan di Menu Start

Microsoft tengah melakukan uji coba yang mungkin akan mengubah tampilan menu Start pada Windows 11. Melalui program Windows Insider di saluran Beta, perusahaan raksasa teknologi ini mulai mengeksplorasi pemasangan iklan aplikasi yang tersedia di Microsoft Store pada bagian yang direkomendasikan di menu Start.

Mengutip Engadget.com, bagi pengguna yang telah familiar dengan Windows 10, konsep iklan di menu Start mungkin sudah tidak asing. Windows 10 juga menampilkan iklan serupa yang mengarahkan pengguna ke aplikasi yang dapat diunduh dari Microsoft Store. Saat ini, iklan hanya akan muncul bagi pengguna Windows Insider yang berada di AS dan yang terdaftar dalam saluran Beta.

Namun, Microsoft menyediakan opsi untuk menonaktifkan iklan ini sepenuhnya. Pengguna dapat mengakses pengaturan Personalisasi melalui menu Pengaturan, kemudian mematikan opsi “Tampilkan rekomendasi untuk tips, promosi aplikasi, dan lainnya” di bagian Start. Langkah ini mirip dengan eksperimen Microsoft sebelumnya, yang mungkin atau mungkin tidak diterapkan lebih luas, tetapi penting untuk diingat mengingat sejarah Microsoft dalam memasukkan iklan ke dalam platform desktopnya.

Baru-baru ini, Microsoft juga melakukan percobaan dengan memasukkan iklan promosi untuk layanan mereka seperti OneDrive dalam menu yang muncul ketika pengguna mengklik foto profil mereka. Meskipun ini merupakan langkah eksperimental, ini menunjukkan potensi arah baru dalam interaksi pengguna dengan sistem operasi desktop.

Salah satu contoh yang terlihat adalah iklan untuk aplikasi 1Password yang muncul di menu Start Windows 11, menandakan sebuah langkah baru dalam strategi periklanan Microsoft. Ini merupakan bagian dari upaya Microsoft untuk lebih memonetisasi produk-produknya melalui iklan yang terintegrasi langsung dalam pengalaman pengguna.

Pengguna Windows 11 yang ingin menghindari gangguan iklan ini disarankan untuk menyesuaikan pengaturan mereka sesuai kebutuhan untuk mempertahankan pengalaman penggunaan komputer yang lebih tradisional dan tanpa iklan.